Mahasiswa UGM Rajai Mobile Games Developer War

Mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi Mobile Games Developer War 2.

Mengusung games berjudul Virtual Pet, tim Creacle UGM menjadi jawara dalam lomba yang digelar Agate Studio dan Nokia Indonesia itu. Mereka adalah mahasiswa program studi Ilmu Komputer, Rifauddin Tsalitsy dan Fauzan Sandy.

“Pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan pada tanggal 23 Februari 2012 di Jakarta,” kata Rifauddin kepada wartawan di kantor Humas UGM, Senin (27/2/2012).

Rifauddin mengaku dirinya bersama Fauzan tidak pernah menyangka Virtual Pet akan terpilih menjadi juara dengan berhasil mencapai nilai unduhan tertinggi. Pada saat awal Virtual Pet dipublikasikan setiap harinya bisa diunduh sampai 6-8 ribu user. “Virtual Pet karya tim Creacle telah diunduh sekitar 153.840 user dari berbagai belahan dunia,” katanya.

Sedangkan posisi kedua diraih developer Elventales Games, dari Surabaya yang mengusung aplikasi Sky Express dengan jumlah pengunduh 100.526 user. Urutan ketiga diraih developer game Own Games dari Bandung yang mengembangkan aplikasi games Beyond the Well yang telah diunduh oleh 75.933 orang.

Menurut Rifauddin, game Virtual Pet memang belum banyak dikembangkan di pasar game. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor yang menarik minat gamers untuk mengunduh game ini. “Jenis game yang kami kembangkan juga bersifat universal bisa dimainkan oleh semua usia dan jenis kelamin,” katanya.

Dia kemudian menerangkan cara penggunaan Virtual Pet. User diminta untuk memelihara kucing dengan baik. Sejumlah perlakuan harus dilakukan sesuai dengan waktu yang ditentukan seperti memberi makan, tidur dan aktivitas lainnya. “Apabila hal itu tidak dijalankan dengan benar maka kucing tersebut akan sakit bahkan mati. Ini sebenarnya mirip dengan permainan Tamagochi, tapi dalam bentuk virtual,” katanya.

Dia menambahkan dalam kompetisi itu setiap developer diberikan tantangan untuk saling berlomba mengembangkan game yang dapat digunakan untuk handphone berbasis apliksi Java.

Para peserta diberi durasi waktu selama 30 hari untuk mempubilkasikan gamenya ke pasaran. Selanjutnya pemenang dipilih berdasarkan games yang paling banyak diunduh oleh pengguna setelah dirilis di Nokia Store.

Dalam kompetisi ini selain mengusung game Virtual Pet, Tim Creacle juga mengirim game lain yaitu Alay the Kite Runner. Namun, game yang dikembangkan oleh empat mahasiswa program studi Ilmu Komputer yaitu Gatot Fajar S, M. Chaidir, Eko Nugraha, dan Bagus Seto ini harus puas berada di urutan ke-4 dalam kompetisi game tersebut.

Sumber: http://us.inet.detik.com/read/2012/02/27/174958/1852834/654/mahasiswa-ugm-rajai-mobile-games-developer-war/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s