Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara Ada di Jambi

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Kerinci, Jambi memiliki danau tertinggi se-Asia Tenggara. Danau yang ada di puncak Gunung Tujuh ini memiliki ketinggian 1.950 mdpl. Wow!

Diintip dari situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, Senin (16/4/2012), Danau Gunung Tujuh berada di puncak Gunung Tujuh, TN Kerinci Seblat, Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kerinci, Jambi. Danau ini terbentuk dari kawah bekas letusan gunung yang lama-lama dipenuhi air hujan. Dengan panjang 4,5 km dan lebar 3 km, danau ini memiliki luas 12.000 meter persegi.

Jika ingin berkunjung ke sini, Anda harus menyiapkan fisik yang kuat. Karena berada di atas gunung, mau tidak mau Anda harus hiking terlebih dahulu untuk mencapai tempat ini. Bawalah perlengkapan hiking yang lengkap dan siapkan tubuh agar dalam keadaan fit.

Anda tidak akan menyesal saat sampai ke danau ini. Pemandangan dan suasana di sini masih sangat asri dan jauh dari polusi kota. Karena ketinggiannya yang hampir mencapai 2.000 mdpl, udara di sekitar danau juga akan terasa lebih sejuk.

Pemandangan sekeliling yang hijau dan air danau yang jernih akan menghipnotis Anda. Perjalanan menanjak yang cukup melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menggoda. Anda bisa bersantai di tepi danau atau melihat kegiatan masyarakat setempat yang sedang mencari nafkah di tengah danau.

Para nelayan setempat menjadikan danau ini sebagai sumber mata pencaharian mereka. Pada pagi hingga siang, mereka menyusuri perairan untuk mencari ikan. Pemandangan nelayan yang sedang menebar jala atau menunggu mengangkat jala bisa jadi pemandangan unik di tempat ini.

Tidak sekadar berguna bagi para nelayan, danau ini juga mengaliri beberapa sungai di Jambi. Salah satu sungai yang mendapat aliran air dari danau ini adalah Sungai Batanghari.

Danau ini juga dikelilingi oleh tujuh gunung yang rata-rata memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter. Ketujuh gunung tersebut adalah Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh (2.735 mdpl).

Jika sudah puas menikmati keindahan danau dan belum ingin turun ke bawah, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Kerinci. Namun ada hal yang harus diperhatikan saat ingin mendaki Kerinci. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia, jadi pastikan Anda pergi bersama orang yang mengetahui medan atau orang yang sudah profesional.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2012/04/16/091934/1893052/1025/3/danau-tertinggi-se-asia-tenggara-ada-di-jambi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s