Accor Indonesia Menanam 10.000 Pohon

Melalui program Planet 21 Day 2012, Accor Indonesia berkomitmen menanam 10.000 pohon di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, Accor Indonesia juga mengikutsertakan karyawannya.

Director of Human Resources Accor Malaysia-Indonesia-Singapura, Ade Noerwenda mengemukakan, sejak tahun 2007 para karyawan Accor selalu merayakan Hari Bumi dengan melaksanakan program sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan.

Mulai tahun ini, dengan diluncurkannya inisiatif Planet 21, pelaksanaan sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan tersebut akan dilakukan setiap 21 April dan Earth Guest Day berubah nama menjadi Planet 21 Day. “Tujuan utamanya sama, untuk menggalang kontribusi aktif karyawan melaksanakan komitmen Planet 21, dengan dukungan dari pelanggan dan mitra Accor, agar dampaknya berkelanjutan,” tutur Ade, Senin (23/4/2012) di Jakarta.

Program penanaman pohon adalah bagian dari sebuah program menyeluruh terkait lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan, serta menempatkan program sosial berkelanjutan sebagai bagian penting dari strategi bisnis Accor di seluruh dunia, yaitu Planet 21. Inisiatif ini baru saja diperkenalkan kepada masyarakat luas pada pertengahan April 2012.

Dengan Planet 21, Accor menegaskan 21 komitmen dan tujuan untuk dicapai tahun 2015. Komitmen tersebut diwujudkan antara lain melalui program pelatihan karyawan dalam pencegahan penyakit di 95 persen hotel di seluruh jaringan Accor, sosialisasi program menu berimbang di 80 persen hotel jaringan Accor, penggunaan produk-produk eco-labelled di 85 persen hotel jaringan Accor, penghematan air sebesar 15 persen, serta penghematan energi sebesar 10 persen di hotel-hotel jaringan Accor di seluruh dunia.

Planet 21 mengacu langsung kepada Agenda 21, sebuah rencana aksi bidang lingkungan yang ditandatangani oleh 173 kepala negara pada Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio de Janeiro, Brasil, tahun 1992. Agenda 21 mengingatkan semua orang pada masalah penting yang dihadapi planet Bumi pada abad 21 serta keinginan untuk mengubah metode produksi dan cara manusia  bekerja untuk menjaga kelangsungan hidup Bumi.

Terkait dengan inisiatif penghijauan hutan kembali, sejak tahun 2008 Accor telah menanam lebih dari dua juta pohon di seluruh dunia. Kegiatan itu didanai melalui program penghematan biaya laundry yang inovatif dan melibatkan pihak hotel maupun para tamu.

Di Indonesia, Accor dan Perhutani memelopori Program Pengelolaan Hutan sejak tahun 2007. Hingga akhir tahun 2011, Accor berhasil menghijaukan kembali lahan seluas lebih dari 78 hektar di Jawa Tengah, menanam lebih dari 100.000 pohon dan membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 150 petani setempat.

Sumber: http://sains.kompas.com/read/2012/04/23/19271574/Accor.Indonesia.Menanam.10.000.Pohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s