“Betawi Punya Gaye”, Semua Ada Disini

Pengunjung melihat pameran Betawi Punye Gaye di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (19/4/2012). Pameran yang akan berlangsung dari 20-29 April 2012 ini memamerkan berbagai benda yang menjadi ciri khas betawi, seperti replika rumah betawi, ondel-ondel, perhiasan hingga perabotan.

Kebudayaan Betawi memang sungguh luar biasa. Mulai dari makanan, kesenian, adat istiadat, pakaian tradisional, rumah tradisonal, sejarah bahkan hingga ke hal-hal kecil seperti perabotan dapur, riasan perkawinan, atau perhiasannya, semua menarik untuk diperhatikan.

Nah, kalau biasanya Anda hanya bisa menikmati salah satu dari kebudayaan itu maka di pameran “Betawi Punye Gaye” Anda dapat menikmati semuanya. Melalui pameran ini, Anda akan diajak untuk mengenal asal usul kebudayaan betawi dan bagaimana bentuk proses asimilasi itu terjadi.

Tidak hanya itu, di sana Anda juga bisa menjual makanan khas betawi, buku-buku “Betawi”, baju adat istiadat, perhiasan. Dan pastinya, semua itu khas Betawi.

Pameran yang dibuka Kamis malam (19/4/2012) ini akan berlangsung hingga 29 April mendatang. Pameran ini terselenggara atas atas kerja sama BBJ (Bentang Budaya Jakarta) dengan Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI).

Tujuan dari acara ini sendiri, menurut Wieke Dwiharti, selaku ketua panitia adalah untuk melestarikan kebudayaan Betawi. “Yang ingin saya tekankan di sini lebih kepada acara seperti ini sebenarnya bukan hanya ada di acara tertentu, seperti pernikahan atau Jakarta Fair. Pameran seperti ini harus terus diadakan dari waktu ke waktu,” kata Wieke, Jumat (20/4/2012), di gedung BBJ, Jalan Palmerah Selatan.

Di pameran ini juga Anda akan melihat suasana dengan interior dan arsitektur yang “betawi banget”. Anda juga akan bisa merasakan rumah khas betawi sesungguhnya, karena di sana ada arsitektur rumah ala di film “Si Doel”.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2012/04/22/16170186/.Betawi.Punya.Gaye.Semua.Ada.Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s