Binus Juara I Kompetisi Robot Nasional

Winardi dan Andrew, dua mahasiswa jurusan Sistem Komputer yang tergabung dalam tim ATON Binus.

Bina Nusantara University (Binus) meraih Juara I In Line Follower Robotic (LFR) Contest, Electro Activities Programme (E-Time) 2012. Winardi dan Andrew, dua mahasiswa jurusan Sistem Komputer yang tergabung dalam tim ATON Binus, itu berhasil memenangkan kontes yang diikuti 100 tim lainnya.

Pada kompetisi yang berlangsung 7-8 April 2012 di Politeknik Negeri Jakarta itu, keikutsertaan tim ATON menjadi langkah awal Binus di ajang In Line Follower Robotic Contest ini. Jurusan Sistem Komputer Binus mengirimkan tiga tim untuk ikut serta. Setelah babak penyisihan yang cukup panjang, tim ATON akhirnya meraih juara. 

“Mahasiswa memang perlu diikutkan dalam kompetisi, selain tentunya untuk mengangkat nama jurusan dan universitas jika berhasil memenangkannya, juga memicu dan mendorong munculnya kreativitas pada diri mereka ketika mempersiapkan diri dalam sebuah kompetisi. Ini juga untuk menimbulkan kepercayaan diri mereka sebagai mahasiswa untuk bisa berprestasi lebih baik lagi dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk berbuat serupa,” kata Endra, Ketua Jurusan Sistem Komputer Binus University, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Kontes tersebut dibagi dalam dua hari. Hari pertama diisi dengan babak penyisihan untuk menyeleksi 100 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim yang lolos dalam babak penyisihan maju untuk mengikuti babak final di hari kedua.

“Tim kami melakukan persiapan selama dua bulan untuk pembuatan robot, lintasan robot, dan melatihnya di laboratorium kampus,” kata Endra.

Robot BatBot, nama robot tim inilah yang keluar menjadi juara. Robot berukuran 18 x 18 x 7 cm tersebut berjalan mengikuti garis lintasan. Robot ini dikembangkan dengan menggunakan motor sebagai penggerak utama, LCD untuk tampilan user-interface, baterai untuk daya, serta sistem kendali PID untuk motor.

Adapun E-Time merupakan kompetisi yang diselenggarakan secara tahunan oleh Politeknik Negeri Jakarta sejak 2010. Tahun ini tema yang diangkat oleh E-Time adalah “The Power of Creativity and Culture for Technology” dengan dua kategori lomba tingkat nasional, yaitu Line Following Robot (LFR) dan Programmable Logic Controller (PLC).

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/23/18372646/Binus.Juara.I.Kompetisi.Robot.Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s