Kembangkan Obat Herbal, Unisma Kerjasama dengan Beijing University

Perwakilan dari Capital Medical University Of Beijing, Prof Dong Zhe menyerahkan cendera mata kepada Pembantu Rektor III Unisma DR Masyhuri Bakrie, Sabtu (21/4/2012) di aula Fakultas Kedokteran Unisma Malang.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan University of Beijing, Cina, untuk mengembangkan obat-obatan herbal di Indonesia. Selain pertukaran dosen dan mahasiswa, kerjasama juga meliputi muatan lokal yang akan dijadikan mata kuliah mahasiswa di FK Universitas Islam Malang (Unisma).

“Muatan lokal itu tentang obat-obatan herbal. Saat ini pun kami sudah melakukan penelitian tentang obat herbal, makanya kami bekerja sama dengan Univesitas Beijing,” kata Dr.Hardadi Airlangga, dekan FK Unisma, dalam acara penandatangan Mou di Malang, Jawa Timur (21/4/12).

Penandatanganan MoU tersebut sebelumnya sudah dilakukan di Capital Medical Universtity Of Beijing Maret lalu.  Dalam penandatanganan di Malang dihadiri juga oleh perwakilan dari Hubei University, yakni Prof Fu Ping dan DR Sung Lie. Sementara dari Capital Medical Universtity Of Beijing diwakili oleh Prof Dong Zhe dan Prof Wei Zian.

Hardadi berharap dari kerjasama ini FK Unisma bisa mendorong pengembangan tanaman obat di Indonesia.  “Kami sudah punya Rumah Sakit Islam yang siap menjadi sarana,” katanya.

Sementara itu, perwakilan Kementrian Kesehatan RI, Indah Yuning, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan menyambut baik langkah yang dilakukan Unisma. “Sampai saat ini Indonesia sudah punya 30 ribu tanaman obat tradisional. Hal itu sangat potensial kalau dikembangkan jadi obat herbal, apalagi Malang tanahnya sangat cocok ditanami tanaman obat,” katanya.

Ditambahkan Indah, Pada 2012 ini, Kemenkes akan melakukan sertfikasi untuk dokter obat tradisional. “Saat ini baru ada 150 dokter,” katanya.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/15331236/Kembangkan.Obat.Herbal.Unisma.Kerjasama.dengan.Beijing.University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s