Tari Bermain Api Mulai Digandrungi Remaja Bulukumba

Seyum manis yang terus menebar dari setiap bibir tipis gadis-gadis cantik asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan terus menghiasi pementasan tarian bakar diri.

Tanpa merasakan panas api yang berasal dari obor yang sengaja disulutkan di setiap lengan para penari hingga berulang kali membuat pengguna jalan yang sedang melintasi lingkaran patung perahu pinisi yang berdiri kokoh di tengah kota Panrita Lopi, terkagum-kagum.

Tidak hanya gadis-gadis berparas cantik ini yang beratraksi, kaum remaja pria pun tak ingin kalah hebohnya dengan para gadis. Mereka memilih pertunjukkan seni dengan menantang maut seperti menghembuskan api yang disemprotkan minyak tanah dari dalam mulutnya ke ujung obor hingga memercikkan semburan api yang cukup besar yang diiringi tabuhan gendang.

Selain itu, para remaja yang tergabung dalam kelompok kesenian Al-Faribi yang pada umumnya digandrungi kaum remaja yang masih duduk dibangku SMP dan SMA itu juga menampilkan sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya, di mana dalam pertunjukan mereka, para pemain memainkan musik tradisional dengan menggunakan helem.

Kepala suku Al-Faribi, Muhammad Ihdar Yenne, kepada Kompas.com, Senin (7/5/2012) malam mengemukakan pertunjukkan yang tak lazim itu memang cukup menantang khususnya bagi kaum remaja. Mereka diajarkan secara betahap sehingga dalam setiap pertunjukannya bisa memainkan peran mereka tanpa harus mencederai diri mereka sendiri.

“Peminat tarian tradisional dijaman moderen ini sudah cukup minim, bahkan kaum remaja enggan lagi memainkannya. Untuk melestarikan tarian tradisional dan disukai kaum remaja, kami selalu menampilkan suatu yang berbeda di setiap pementasan agar peminat kesenian tidak lagi mati suri,” jelas Ihdar.

Sumber: http://oase.kompas.com/read/2012/05/08/01564870/Tari.Bermain.Api.Mulai.Digandrungi.Remaja.Bulukumba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s