Wakili Asia, Binus Juara Dua Kompetisi Bisnis IT

Tim Biztech diperkuat oleh Rosmiyana dan Mesquita Handayani Prasetyo dari jurusan Sistem Informasi, serta Nia Utami Tirdanatan dari program Akuntansi-Sistem Informasi.

Universitas Bina Nusantara (Binus University) meraih juara kedua APEX Business-IT Global Case Challenge yang digagas oleh Singapore Management University (SMU) di Singapura, 29 April – 3 Mei 2012 lalu. Binus diwakili oleh tim Biztech sebagai satu-satunya wakil Asia dan Indonesia dalam babak final kompetisi yang mengedepankan studi kasus bisnis dalam dunia teknologi informasi.

Tim Biztech diperkuat oleh Rosmiyana dan Mesquita Handayani Prasetyo dari jurusan Sistem Informasi, serta Nia Utami Tirdanatan dari program Akuntansi-Sistem Informasi. Sebelum maju ke babak final, tim ini harus mengikuti tiga putaran kompetisi menghadapi 19 tim dari Hongkong, China, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, Hungaria, Denmark dan Qatar.

Pada putaran pertama, Biztech bergabung dalam divisi satu dengan empat tim lainnya, yakni East China Normal University (China), Shantou University (China), Universitas Gadjah Mada (Indonesia) serta Hongkong University of Science and Technology (Hongkong).

“Untuk melalui putaran pertama, para peserta diberikan studi kasus dari sebuah perusahaan untuk kemudian dicarikan solusinya. Untuk menyelesaikan studi kasus ini, para peserta dikarantina selama 24 jam dan tidak dapat berkomunikasi dengan pembimbing mereka,” ujar Rosmiyana di Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Lolos dari putaran pertama bersama 11 tim lainnya dari empat divisi, Biztech masuk ke babak semi final. Di babak ini, 12 tim dibagi menjadi dua divisi. Biztech bergabung dengan 5 tim lainnya, yakni Shantou University (China), Hongkong University of Science and Technology (Hongkong), Mahidol University International College (Thailand), Kwantlen Polytechnic University (Canada) dan Copenhagen Business Schoool (Denmark).

Sampai di babak ini, tim Biztech kembali lolos dan berhak maju ke grand final bersama tiga tim lainnya, yaitu Simon Fraser University (Kanada), Kwantlen Polytechnic University (Kanada), dan HEC Montreal (Kanada). Namun, Biztech harus puas menempati posisi kedua. Adapun juara pertama diraih oleh Kwantlen Polytechnic University, sementara Simon Fraser University menempati urutan ketiga.

“Tentunya ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru terutama di bidang bisnis. Nantinya, ilmu inilah yang kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari saat masuk dalam dunia kerja,” ujar Rosmiyana. 

“Persiapan kami dimulai dengan latihan studi kasus dalam Information Systems Case Study Club. Tim kemudian berlatih intensif selama tiga hari sebelum keberangkatan,” tambahnya.

Adapun APEX Business-IT Global Case Challenge 2012 bertema social media ini merupakan kali ketiga Binus menjadi peserta. Pada kompetisi tahun 2010, Binus University hanya masuk sampai peringkat 16 besar. Pada 2011, Binus berhasil memperbaiki peringkat dan bertengger di posisi 8 besar.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/19352095/Wakili.Asia.Binus.Juara.Dua.Kompetisi.Bisnis.IT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s