2.000 Angklung Akan Dimainkan di Argentina

Sekira dua ribu angklung akan dimainkan para pelajar di Argentina sebagai salah satu bentuk promosi kebudayaan Indonesia di negara Amerika Latin itu.

“Kami tertarik untuk bekerja sama tentang pengenalan angklung karena angklung merupakan sesuatu yang menarik dan aneh bagi mereka (Argetina). Kita sedang berupaya untuk membuat dua ribu angklung untuk dimainkan di sana,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Argentina Kartini Sjahrir di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Kartini mengatakan, angklung populer dan disukai oleh masyarakat Argentina dan rencananya pada pameran kebudayaan Amerika Latin di Provinsi Salta awal September 2012 angklung akan dimainkan oleh pelajar di sana.

“Memang angklung menjadi populer di sana. Dan tadi saya sudah bicara dengan Wagub Jabar tentang kemungkinan soal angklung ini. Jadi diharapkan pemda bisa memfasilitasi program tersebut. Rencananya awal September ini di Provinsi Salta,” kata Kartini.

Ia menjelaskan, selaku Duta Besar Indonesia di Argentina pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan potensi  yang dimiliki Indonesia, khusunya di Jabar, ke negara-negara Amerika Latin.

Dikatakannya, selama ini nama Kota Bandung terkenal bagi sebagian besar warga Argentina sehingga dengan usulan kerja sama “Sister Province” antara Provinsi Jabar dan Provinsi Salta diharapkan dapat terwujud sebagai gerbang awal kerja sama lainnya.

“Alasan kenapa dipilih Jawa Barat, karena bagi orang Argetina, Jabar itu identik dengan kota perjuangan karena ada Kota Bandung. Jabar ini hebat, mereka mengenal KTT Non Blok sampai satu nama Presiden Soekarno yang selalu diingat,” ujarnya.

Ia mengatakan, kerja sama “Sister Province” tersebut menunjukkan pentingnya membangun hubungan intensif dan cepat dengan Pemprov Jabar terlebih ada pintu kerja sama melalui Jabar bagi daerah lainnya.

Sumber: http://oase.kompas.com/read/2012/05/10/12413714/2.000.Angklung.Akan.Dimainkan.di.Argentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s