Jejak Bahari Indonesia Ditampilkan di Korea

Pemerintah Indonesia mengangkat potensi kelautan Indonesia dalam Expo 2012 Yeosu, Korea Selatan, 12 Mei sampai 12 Agustus 2012.

Peresmian pembukaan Anjungan Indonesia bertema Wonderful Indonesia: Sustaining Tropical Diversity, berlangsung Sabtu (12/5/2012) di Yeosu, yang merupakan kota pelabuhan Korea Selatan.

Anjungan Indonesia terletak di area anjungan negara-negara Pasifik yang memamerkan berbagai sudut pandang pembangunan kelautan.

Komisioner Indonesia pada Expo 2012 Yeosu yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gellwynn Jusuf, mengemukakan, Anjungan Indonesia akan menampilkan pentingnya sejarah laut dan pesisir Indonesia dalam sejarah dunia, melalui kekayaan budaya dan tradisi.

“Pameran ini akan mempertunjukkan masa penting dalam budaya, legenda dan sejarah di mana terjadi perubahan, pertukaran budaya serta konflik melalui kontrol dan pengaruh pelabuhan perdagangan rempah-rempah atau yang biasa disebut bandar di seluruh kepulauan Indonesia. Semua temuan yang menarik dan kejayaan masa lalu diperlihatkan,” tutur Gellwyn.

Ia mengemukakan, pameran itu merupakan kesempatan untuk bekerja sama lintas samudera dan meningkatkan pemahaman bahwa masa depan bergantung pada lautan yang menghubungkan semua bangsa. Sejak dulu, samudera berperan menjadi sarana rute perdagangaan yang menjadi sumber kehidupan, sebelum ditemukannya transportasi udara, kereta api dan dan kendaraan bermotor.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Nick T Dammen mengemukakan, Expo Yeosu merupakan ajang pameran terbesar untuk mempromosikan keindahan sumberdaya kelautan dan pesisir serta potensi maritim Indonesia. Partisipasi Indonesia akan memperkuat arah politik untuk pengembangan kebijakan kelautan di sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

Dalam pameran internasional itu juga akan ditetapkan Deklarasi Yeosu untuk oleh komunitas internasional sebagai komitmen bersama mencapai pertumbuhan lautan yang berkelanjutan.

Sebanyak 106 negara dan 10 organisasi internasional akan berpartisipasi dalam Expo 2012 Yeosu. Acara ini menempati area dengan luas 2.715.000 meter persegi, yang terdiri dari Exhibition Area (250.000 meter persegi), Expo Town (540.000 meter persegi), Expo Station (160.000 meter persegi), dan Transit Parking Lots (1.530.000 meter persegi). Jumlah pengunjung ditargetkan 8 juta orang.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/05/12/19404249/Jejak.Bahari.Indonesia.Ditampilkan.di.Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s