Pemkab Sleman gelar lomba karawitan

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, menyelenggarakan lomba karawitan antarkecamatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-96 Kabupaten Sleman.

“Lomba karawitan ini diikuti 11 kecamatan di Kabupaten Sleman, sedangkan maksud lomba ini adalah untuk menggali kembali semangat kebersamaan dalam iklim kompetisi di kalangan seniman karawitan,” kata Kepala Humas Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti di Sleman, Rabu.

Ia menjelaskan, tujuan lomba karawitan menggali potensi seniman dan seniwati karawitan yang berbakat di wilayah kecamatan se-Kabupaten Sleman.

“Selain itu juga sebagai salah satu upaya dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan pelestarian kesenian daerah, khususnya seni karawitan,” katanya.

Ia mengharapkan, lomba itu dapat mendorong kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi yang adiluhung khususnya seni karawitan yang mengarah kepada pembentukan jati diri bangsa yang saat ini dirasa semakin luntur.

“Lomba ini juga untuk mendukung kecamatan sebagai pusat pengembangan seni budaya dan sosialisasi Hari Jadi Ke-96 Kabupaten Sleman,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat membuka lomba tersebut mengatakan, kegiatan itu bisa menggali potensi di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sleman.

“Potensi kesenian karawitan ini agar nanti tetap dijaga dan dilestarikan, dihidup-hidupkan bahkan nanti juga bisa berkembang. Lebih-lebih nanti bisa muncul yang muda-muda karena saat ini yang muncul masih tua-tua, maka ini dipertahankan dulu baru nanti ditularkan pada yang muda-muda,” katanya.
(U.V001/M029)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/309868/pemkab-sleman-gelar-lomba-karawitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s