Tiga Bulan, Grup Ciputra Raup Pendapatan Rp 552 Miliar

Ciputra World Surabaya beroperasi Juli 2011. Mal CWS akan memiliki eskalator terpanjang di Asia Tenggara sepanjang 34 meter

Dalam tiga bulan pertama tahun 2012, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membukukan pendapatan sebesar Rp 552 miliar atau 46 persen lebih tinggi dibandingkan kinerja perusahaan pada periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar Rp 378 miliar.

Hal ini didukung oleh berbagai proyek residensial dan komersial yang diluncurkan awal tahun ini.

Sedangkan laba kotor perseroan untuk periode tersebut dibukukan sebesar Rp 280 miliar, atau 61 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Marjin laba kotor perseroan juga tercatat naik menjadi 51 persen dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 46 persen. 

Kenaikan laba kotor tercatat lebih tinggi dari kenaikan pendapatan dan kenaikan dari gross profit marjin perseroan disebabkan oleh banyaknya pembukukan penjualan apartemen yang telah mencapai 27 persen dari total pendapatan dan yang mempunyai marjin laba kotor lebih tinggi dibandingkan produk perseoran lainnya sebesar 57 persen. 

“Marjin laba bersih perseroan untuk periode ini tercatat sebesar 15 persen, berarti 7 persen lebih tinggi dibandingkan marjin periode yang sama tahun lalu,” kata Corporate Public Relations Ciputra Group Eky Mery dalam siaran persnya, Kamis.

Kenaikan marjin ini disebabkan oleh penghematan biaya umum dan administrasi dan keuntungan dari penjualan investasi serta selisih kurs.

Sementara itu, marketing sales perseroan sampai akhir Maret 2012 telah mencapai Rp 1,536 triliun, atau 24 persen dari target tahunan yang telah ditetapkan perseroan sebesar Rp. 6,404 triliun. 

Hal ini menandakan kinerja marketing sales mengalami kenaikan sebesar 84 persen dari kinerja periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 835 miliar. 

Kinerja perseroan sampai saat ini dinilai sesuai dengan target, mengingat adanya 8 proyek residensial baru di Pangkalpinang, Pontianak, Pekanbaru, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palu; 200 unit apartemen dan SOHO di Ciputra World Surabaya; dan perkantoran strata-title di Ciputra World Jakarta 2 yang peluncurannya direncanakan selama tahun ini dan telah mencapai tahap topping off pada tanggal 25 April 2012 yang lalu. 

Proyek-proyek baru tersebut diperkirakan akan mengkontribusi 23 persen total penjualan tahun ini. 

PT Ciputra Development merupakan perusahaan terbuka yang telah 30 tahun berkiprah di bidang pengembangan proyek perumahan dan komersial skala besar, mengembangkan dan mengelola 33 proyek perumahan dan komersial yang tersebar di 20 kota besar di seluruh Indonesia serta 3 proyek internasional di Vietnam, Kamboja dan China. 

Properti komersial yang telah dikembangkan meliputi pusat perbelanjaan, hotel, apartemen sewa, perkantoran, pergudangan dan lapangan golf. Hal ini menjadikan perusahaan sebagai salah satu perusahaan properti terbesar dan paling terdiversifikasi di Indonesia dari segi produk, lokasi dan segmen pasar. 

Perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1994 dengan nama PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Awal tahun 2012 ini CTRA kembali berhasil meningkatkan kinerjanya.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/05/10/14524635/Tiga.Bulan.Grup.Ciputra.Raup.Pendapatan.Rp.552.Miliar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s