Bank Lokal Lebih Unggul daripada Asing dalam Layanan Ritel

Berdasarkan hasil survei, masyarakat Indonesia menilai bank lokal lebih baik daripada bank asing dari segi layanan ritel. 

“Bank asing dianggap belum sebaik bank lokal untuk memenuhi layanan retail banking sehingga bank lokal lebih unggul dalam menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Director for Financial Services Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah di Jakarta, Selasa (22/5). 

Keunggulan itu seperti cek saldo, membayar kartu kredit, serta membayar tagihan listrik dan telepon. 

“Masyarakat Indonesia juga menilai bahwa bank asing belum sebaik bank lokal dalam menjawab transaksi kebutuhan sehari-hari dari segi lokasi,” kata Dena. 

Nielsen juga melakukan survei terkait dengan citra bank milik pemerintah atau badan usaha milik negara (BUMN) di mata masyarakat. 

“Bank BUMN dinilai berlomba-lomba untuk meningkatkan citra mereka di mata masyarakat,” kata Dena. 

Menurut Dena, sejumlah bank BUMN, seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) ingin menunjukkan citra kepada masyarakat bahwa mereka adalah bank milik pemerintah. 

Hal tersebut, menurut dia, berbeda dengan PT Bank Mandiri Tbk yang dinilai cenderung berusaha memisahkan diri dari citra bank pemerintah. (Ant/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/23/321436/20/2/Bank-Lokal-Lebih-Unggul-daripada-Asing-dalam-Layanan-Ritel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s