Margo City Beri Beasiswa Pelatihan Garmen Untuk Pelajar Depok

Pusat perbelanjaan Margocity Depok memberikan beasiswa kepada lima orang pelajar untuk menuntut ilmu di International Garment Training Centre (IGTC) selama satu tahun.

“Ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya tahun lalu kami juga memberikan kepada dua orang siswa Depok yang berprestasi dari lingkungan keluarga tidak mampu,” kata General Manager Margo City, Kristanto Nasution, di Depok, Senin.

Ia mengatakan, dana program beasiswa tersebut diambil dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Perusahaan juga mempunyai rasa tanggung jawab sosial yang harus diwujudkan kepada masyarakat,” katanya.

Ia berharap pada tahun-tahun berikutnya program beasiswa tersebut akan terus bertambah sesuai dengan kemampuan perusahaan. 

Program tersebut banyak diminati oleh para siswa karena lebih dari 100 siswa yang mendaftar, namun hanya lima orang saja yang bisa mengikuti program beasiswa tersebut.

Menurut dia, industri garmen semakin diminati oleh pemodal asing maupun dalam negeri. Di setiap kota besar, khususnya di Jawa, pasti terdapat industri garmen yang memproduksi pakaian untuk konsumsi dalam negeri mapun ekspor. 

Kehadiran industri ini sudah barang tentu membuat banyak peluang. Salah satunya adalah terbukanya lapangan kerja, yakni sebagai penjahit. Namun ada industri garmen yang sangat selektif dalam mencari penjahit, karena pakaian yang diproduksinya harus ditangani oleh penjahit berpengalaman atau telah mengecap pendidikan kejuruan resmi. 

Juru bicara Margocity Tanti Triandini mengatakan, untuk proses penyeleksian, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan Universitas Indonesia untuk menentukan penerima beasiswa.

Dikatakannya alasan menggandeng IGTC dalam program beasiswa ini, karena institusi ini pun memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. IGTC juga menyalurkan semua siswa yang telah menyelesaikan pendidikan ke perusahaan-perusahaan garmen dan tekstil yang sudah menjadi rekanannya selama ini.

Mereka nantinya yang memperoleh beasiswa akan dilatih di Pusat Pelatihan Industri Garmen yang terletak di Sentul, Kota Bogor, yang terkenal dengan kualitas anak didiknya. 

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Internasinal Garment Training Centre (IGTC), Pratiwi Sundarini mengatakan bangkitnya industri garmen tersebut tentunya berpengaruh terhadap tingginya permintaan terhadap tenaga ahli garmen. “Lulusan kami selalu terserap oleh industri garmen setiap tahunnya,” katanya. (F006/T004)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/310618/margo-city-beri-beasiswa-pelatihan-garmen-untuk-pelajar-depok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s