Pati Jadi Percontohan Pengolahan Pindang Nasional

Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjuk Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sebagai proyek percontohan akselerasi dan industrialisasi pemindangan ikan. Percontohan itu menyangkut segi higienitas, kesegaran bahan baku, pengemasan, dan pemasaran.

Penunjukan itu berdasarkan Memorandum Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 87/P2HP.1/TU.150/III/2012. Pemerintah Kabupaten Pati menerima memorandum itu pada Maret lalu.

Kepala Seksi P2HP Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati Triyani, Rabu (30/5/2012), mengatakan, proyek itu melibatkan 12 pengusaha pemindangan Desa Dukutalit, Kecamatan Juwana, dan tujuh nelayan kapal pursein. Mereka akan dipinjami modal lunak pengusaha pemasaran ikan pindang dari Surabaya agar dapat menjual pindang ke supermarket.

Untuk menembus pasar menengah atas itu, rumah pemindangan akan diperbaiki agar higienis. Perbaikan meliputi pemasangan lantai keramik dan pengepakan ikan dengan meja antikarat.

“Agar kesegaran ikan terjaga, tujuh kapal pursein akan dilengkapi dengan palka berbasis alat pendingin,” kata dia.

Menurut Triyani, pemodal itu sudah meninjau lokasi dan bertemu dengan pengusaha pemindangan dan nelayan. Pemodal juga mengambil contoh air bahan baku pemasak pindang serta besek wadah pindang untuk diuji di laboratorium.

Hal itu dilakukan karena bahan baku air untuk merebus pindang ada yang berasal dari hasil pengendapan air sungai. Selain itu ada pula yang menggunakan air sumur.

“Kami juga mendapat bantuan membangun rumah percontohan pemindangan yang higienis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan senilai Rp 400 juta. Rumah itu akan dibangun di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, pada pertengahan 2012,” kata dia.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2012/05/30/08391312/Pati.Jadi.Percontohan.Pengolahan.Pindang.Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s