“The Wall Street Journal” Nilai Ekonomi Indonesia Kuat

Redaktur (“managing editor”) media massa ekonomi “The Wall Street Journal” Robert Thomson menilai ekonomi Indonesia berada dalam posisi yang kuat dan stabil. “Indonesia merupakan negara di Asia yang memiliki stabilitas ekonomi kuat dan bisa dijadikan contoh baik oleh negara-negara berkembang,” kata Robert usai konferensi pers rencana peluncuran situs berbahasa Indonesia “The Wall Street Journal” di Jakarta, Selasa (29/5).

Namun menurut dia, Indonesia harus tetap mewaspadai ancaman krisis ekonomi Eropa yang cepat atau lambat akan berdampak bagi perekonomian Indonesia.

“Cepat atau lambat krisis Eropa akan menjalar secara global, tak terkecuali ke Indonesia. Tetapi dengan kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, saya yakin pada waktunya Indonesia akan mampu menghadapi dan melewati krisis itu dengan baik,” katanya.

Ia juga menilai perubahan di Indonesia, baik dalam hal ekonomi maupun demokrasi telah membuat Indonesia dinilai positif oleh negara-negara investor. Untuk masalah investasi tersebut, Robert mengatakan Indonesia sebaiknya berhati-hati dalam menerapkan proteksi nasional dalam perdagangan internasional.

“Jika tidak hati-hati Indonesia akan dinilai terlalu melindungi kepentingan dalam negeri. “National protection” yang berlebihan akan membuat investor berpikir dua kali untuk menanamkan modalnya di Indonesia,” katanya.

Selain itu, kestabilan politik harus selalu dijaga karena investor menginginkan keamanan dan proses regulasi yang efektif dan efisien.

“Hal lain yang harus diperhatikan adalah kekuatan politik lokal yang kadang berbeda dengan peraturan pusat karena adanya otonomi daerah. Pada intinya, investor menginginkan sesuatu yang praktis,” katanya.

Robert Thomson yang juga Pemimpin Redaksi Dow Jones. selain datang untuk mempromosikan rencana peluncuran situs The Wall Street Journal berbahasa Indonesia juga melakukan pertemuan dengan kelompok pengusaha Indonesia, Wakil Presiden Boediono dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ant)

Sumber: http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/30/53188/the_wall_street_journal_nilai_ekonomi_indonesia_kuat/#.T8h9wtVNt8E

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s