Pasar Seni Kumbasari Dibenahi

Pemerintah Kota Denpasar tengah berupaya mengembalikan kejayaan Pasar Kumbasari sebagai pusat oleh-oleh Pulau Dewata. Namun belakangan hampir lebih dari 10 tahun hingga Kamis (7/6/2012), keramaian Pasar Kumbasari yang biasanya andalan wisatawan, mulai sepi.

Apalagi, dua tahun terakhir pusat oleh-oleh yang modern terus bermunculan. Keberadaan pasar oleh-oleh tradisional seperti Kumbasari yang lokasinya bersebelahan dengan Pasar Badung, di Jalan Gajah Mada, Denpasar ini jadi lengang.

Karenanya, Wali Kota Denpasar Rai Mantra Dharmawijaya, berupaya menghidupkan lagi kebanggaan itu. Ia tengah mengatur pasar seni tersebut mulai parkir hingga panggung untuk pegelaran bagi wisatawan.

Ia mencoba menggaet Bank Mandiri. Tujuannya, bank tersebut bisa menjadi mitra yang mampu mengelola pasar Kumbasari menjadi modern.

Kumbasari pernah terbakar ludes sekitar lima tahun lalu. Meski sudah kembali di bangun, ratusan pedagang mengeluh sepi promosi pariwisata. Para pedagang juga mengeluhkan fasilitas parkir yang hampir tidak ada untuk bus-bus pariwisata.

Pedagang di Kumbasari berjualan berbagai suvenir, kain hingga lukisan. Namun memang tak semua barang berasal dari perajin lokal melainkan sebagian juga datang dari Pulau Jawa seperti Yogyakarta.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2012/06/07/19304380/Pasar.Seni.Kumbasari.Dibenahi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s