Bangka Tengah Giatkan Rehabilitasi Terumbu Karang

Koba, Kabupaten Bangka Tengah (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sedang menggiatkan rehabilitasi terumbu karang di wilayah perairan Bateng.

“Bangka Tengah terdiri dari kawasan yang memiliki pulau-pulau kecil seperti Pulau Ketawai, Pulau Gusung Asam, Pulau Semujur dan Pulau Panjang, di antara kawasan tersebut kondisi terumbu karang kita sudah memprihatinkan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bateng Heru Irianto di Koba, Selasa.

Heru mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan terumbu karang di kawasan perairan Bangka Tengah antara lain karena sedimentasi kegiatan penambangan timah oleh kapal isap produksi (KIP).

“Selain itu, terumbu karang kita juga banyak rusak oleh aktivitas destruktif para nelayan yang melakukan `over fishing` atau penangkapan ikan tidak ramah lingkungan misalnya menggunakan bahan peledak,” kata dia.

Guna mengatasi hal tersebut, Pemkab telah membentuk “masyarakat pengawas”.

“Masyarakat pengawas adalah masyarakat nelayan yang menjadi informan kalau ada kegiatan yang merusak perairan, mereka akan berkoordinasi dengan DKP yang kemudian dapat diteruskan ke Polisi Air dan Hutan (polairut),” kata dia.

Menurut Heru, untuk saat ini masyarakat pengawas di Bangka Tengah tersebar di empat lokasi yakni Pangkalanbaru, Selan, Kurau dan Batu Beriga.

Di antara beberapa pulau dengan keadaan terumbu karang yang memprihatinkan adalah Pulau Gusung Asam.

Para nelayan di Pulau Gusung Asam menangkap ikan dengan menggunakan bubu yang dipasang di daerah terumbu karang oleh karena itu ikan yang didapat adalah ikan-ikan karang yang bernilai ekonomis seperti kerapu, ekor kuning, ikan tanda-tanda, ikan ketarap, sampai kakap

Kondisi terumbu karang dengan tutupan sekitar 30-40%. Tutupan karang dengan selang nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Karang terletak tidak berjauhan dari pulau. Berjarak sekitar 200 – 300 meter dari pulau.

Kabupaten Bangka Tengah merupakan kabupaten hasil pemekaran kabupaten Bangka pada tahun 2003.

Wilayah tersebut merupakan pusat perikanan di Bangka Belitung, di sepanjang jalan raya Pangkalpinang-Koba (60 km) terdapat pantai indah tepat di sisi jalan terutama di Desa Penyak dan Kurau. (I027)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/313021/bangka-tengah-giatkan-rehabilitasi-terumbu-karang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s