Wakatobi Kini Punya 4 Desa Wisata

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, menetapkan empat desa di wilayah kabupaten tersebut sebagai desa wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Tawakal di Wangi-wangi, mengungkapkan keempat desa yang ditetapkan sebagai desa wisata tersebut yakni Desa Kapota dan Liya Togo, Ambeua, dan Desa Waha. “Desa Kapota dan Liya Togo ada di Pulau Wangiwangi, Desa Ambeua di Pulau Kaledupa, sedangkan Desa Waha ada di Pulau Tomia,” katanya, Jumat 15 Juni 2012.

Menurut dia, tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan bantuan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat di dua desa wisata tersebut, yakni Desa Ambeua dan Waha masing-masing Rp 100 juta.

“Pengelolaan dana itu sepenuhnya diserahkan langsung kepada kelompok-kelompok masyarakat yang mengembangkan kerajinan ekonomi kreatif yang bisa menjadi cenderamata bagi parawisatawan yang berkunjung di Wakatobi,” katanya.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata juga memberikan bantuan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat di dua desa wisata lainnya, yakni Liya Togo dan Kapota yang nilainya juga kurang lebih Rp 100 juta.

“Dua desa yang mendapat bantuan pemberdayaan ekonomi dari Kementerian Pariwisata itu saat ini sudah menghasilkan berbagai industri kerajinan antara lain kain tenun khas Suku Bajo dan kerajinan kerang-kerangan,” katanya.

Pemkab Wakatobi sendiri, kata dia, membantu para perajin memasarkan hasil-hasil kerajinan masyarakat desa wisata tersebut pada setiap kesempatan acara yang dihadiri tamu-tamu undang dari luar Wakatobi.

“Tamu-tamu undangan Pemkab Wakatobi dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara, banyak tertarik dengan kerajinan masyarakat itu, terutama kain tenun khas Wakatobi dan Suku Bajo, termasuk kerajinan kerang mutiara dalam berbagai bentuk,” katanya.

Ia mengatakan Pemkab Wakatobi sendiri saat ini membantu masyarakat di empat desa wisata itu, menyiapkan satu atau dua kamar di rumah mereka seperti ruangan penginapan atau losmen.

“Diharapkan para wisatawan yang berkunjung di empat desa wisata itu dapat menggunakan rumah warga sebagai tempat menginap,” katanya.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/17/199411070/Wakatobi-Kini-Punya-4-Desa-Wisata

2 thoughts on “Wakatobi Kini Punya 4 Desa Wisata

  1. memang desaku, nan indah elok, permai ;waha dambaanku kampung yangt kenang sampai akhir hayatku …………., desaku nan jau , kreatiflah orang orang waha supaya waha lebih kenal sepanjang jaman oke ……………

  2. desa yang inda selalu mendatangkan rizki , pemandangan pantai dan pasir putih yang begitu bersih serta masyarakatnya baik , itulah ciri desa yang maju begitu brother,,,,,,?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s