9 Desa Wisata Dikembangkan di Batu

Pemerintah Kota Batu mengembangkan sembilan desa menjadi desa wisata. Antara lain, Desa Tlekung, Desa Sumbergondo, Desa Oro-Oro Ombo, Desa Torongrejo, Desa Punten, Desa Sumberejo, Desa Gunungsari, Desa Sidomulyo, dan Desa Pendem.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyalurkan dana sebesar Rp 2 miliar,” kata Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Jumat, 15 Juni 2012. Dana tersebut bakal dibagi secara merata untuk kesembilan desa wisata serta untuk mengembangkan desa lain menjadi desa wisata mendukung Kota Wisata Batu.

Dana akan digunakan untuk pemberdayaan usaha kreatif serta agrobisnis. Seperti aneka sayuran, buah, dan bunga yang menjadi unggulan setiap desa. Misalnya, “Desa Sidomulyo membangun wisata petik bunga,” katanya.

Petik apel terdapat di sejumlah daerah seperti Desa Junggo, sentra kerajinan berada di Desa Oro-Oro Ombo. Tak hanya menyediakan obyek wisata, warga juga menyediakan rumah tinggal untuk penginapan wisatawan. Bahkan, aneka buah tangan kreasi warga setempat juga bisa menjadi oleh-oleh. “Wisata desa dikelola warga setempat,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batu memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan warga mengolah potensi desanya. Juga tersedia workshop, ruang pamer atau galeri hasil karya warga desa. Wisatawan, katanya, bisa melihat proses dan membeli langsung di perajin. 

EKO WIDIANTO

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/19/199411553/9-Desa-Wisata-Dikembangkan-di-Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s