Ke Festival Rendang di Padang, Yuk

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat akan menggelar Festival Rendang dan Lomba Cipta Lagu tentang Rendang 2012 pada 25 hingga 27 Juni. 

“Festival Rendang ini merupakan satu langkah mempromosikan kuliner khas Sumatera Barat kepada dunia,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat Burhasman Bur, di Padang, Jumat, 15 Juni 2012.

Menurut dia, dalam Festival Rendang itu, selain diikuti peserta dari generasi muda, juga diikuti peserta dari rantau. “Dilibatkannya peserta remaja diharapkan generasi muda Sumatera Barat juga akan lebih mengenal tradisi kuliner,” katanya.

Dia menambahkan, Festival Rendang akan diikuti oleh peserta yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni Rang Ranah, Rang Rantau, dan Rang Mudo. 

“Yang dimaksud Rang Ranah adalah peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Sedangkan Rang Rantau adalah peserta yang berada di luar Sumatera Barat. Tidak terkecuali apakah dia orang Sumatera Barat asli atau bukan. Kemudian Rang Mudo adalah peserta dari kalangan remaja Sumatera Barat,” katanya. 

Sementara untuk Lomba Cipta Lagu tentang Rendang, lanjut Burhasman Bur, pesertanya berasal dari kalangan umum.

Ia mengatakan persiapan panitia yang adakan Festival Rendang dan Lomba Cipta Lagu Rendang secara teknis sudah mencapai 75 persen. “Persiapan-persiapan lain tinggal konfirmasi tentang peserta yang masih dibuka hingga 20 Juni 2012 ini,” katanya.

Menurut dia, hingga saat ini pihak panitia sudah menerima 62 peserta yang mendaftar untuk mengikuti Festival Rendang ini. Dari peserta yang mendaftar untuk kategori Rantau, juga terdapat peserta dari luar negeri. Di antaranya dari Amerika Serikat dan Brasil. “Sedangkan di luar provinsi ada dari Bali, Yogya, dan Riau,” katanya.

Ia mengatakan, pada tahun 2011, peserta Festival Rendang yang diselenggarakan Pemkot Padang bahkan ada yang dari luar negeri, di antaranya Jerman dan Belanda.

Festival Rendang yang digelar pada 2011 tersebut dapat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia yang diserahkan langsung oleh Presiden Indonesia Book of Record Paul Winarto. “Festival Rendang dapat memecahkan rekor MURI, di mana memproduksi rendang sebanyak 5.200 kilogram,” kata Burhasman Bur.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/15/201410768/Ke-Festival-Rendang-di-Padang-Yuk

One thought on “Ke Festival Rendang di Padang, Yuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s