Solo Siapkan ‘Sekolah Plus’ Gratis untuk Siswa Miskin

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menyiapkan 44 sekolah gratis untuk siswa miskin. Siswa akan digratiskan hingga untuk pengadaan buku atau seragam sekolah. 

“Di sekolah itu siswa dari keluarga kurang mampu dibebaskan dari seluruh biaya, termasuk buku dan seragam sekolah. Kami yang akan membiayai mereka,” jelas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo Rakhmad Sutomo, Kamis (21/6). 

Ke-44 sekolah yang diistilahkan ‘sekolah plus’ itu terdiri dari 34 sekolah dasar (SD) dan 10 sekolah menengah pertama (SMP). Untuk membiayai pendidikan siswa kurang mampu, menurut Rakhmad, Pemkot Solo tahun ini telah menyiapkan anggaran Rp30 miliar. 

Secara teknis, penerimaan siswa baru di sekolah plus itu sama dengan sekolah regular. Hanya waktu pendaftarannya berbeda, yakni 27-29 Juni. Sedang masa pendaftaran sekolah reguler akan dimulai pada 2 Juli. 

Agar tepat sasaran, Disdikpora akan memberlakuan sistem rayonisasi. Calon siswa disyaratkan berdomisili dekat dengan lokasi sekolah bersangkutan. Tujuannya agar siswa tidak perlu mengeluarkan biaya transpor untuk pergi ke sekolah. 

Syarat lainnya, calon siswa merupakan warga Kota Solo, memilki kartu Askeskin, Jamkesmas, atau memiliki kartu Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) Gold dan Platinum untuk jenjang SMP. 

“Untuk membuktikan mereka betul-betul berhak bersekolah di sana, nanti tim dari tiap sekolah akan melakukan kunjungan  langsung ke rumah calon siswa,” jelas Rakhmad. (FR/OL-16) 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/21/327701/289/101/Solo-Siapkan-Sekolah-Plus-Gratis-untuk-Siswa-Miskin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s