Visit Jateng 2013 Tawarkan 50 Atraksi Wisata

Visit Jawa Tengah Year 2013 akan dimeriahkan dengan 50 atraksi wisata. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Trenggono mengatakan atraksi tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Atraksi wisata diselenggarakan sepanjang tahun. Tidak ada bulan yang kosong dari agenda,” katanya kepada wartawan di sela sosialisasi Visit Jateng 2013 di Surakarta, Sabtu, 16 Juni 2013.

Macam agenda wisata seperti David Copperfield Show di Februari 2013, Wayang International Festival pada Mei 2013, Borobudur International Festival pada Juni 2013, dan Semarang Great Sale pada Juni-Juli 2013.

Untuk keperluan promosi, pihaknya sudah mencetak 5 ribu panduan wisata dan sudah disebarkan ke berbagai agen wisata atau saat mengikuti pameran di dalam maupun di luar negeri. 

Dengan 50 agenda wisata di atas, pihaknya berharap 25 juta wisatawan domestik dan 500 ribu wisatawan mancanegara akan berkunjung ke Jawa Tengah sepanjang 2013. Tahun lalu, wisatawan domestik yang datang ke Jawa Tengah sebanyak 21,8 juta orang. “Kalau wisatawan asing hanya 381 ribu orang,” ucapnya.

Wisatawan asing biasanya lebih lama berdiam di Jawa Tengah maka pengeluaran atau belanja wisatawan juga akan lebih banyak. Pengeluaran wisatawan domestik pada 2011 tercatat 401 ribu per hari dan diharapkan naik menjadi 500 ribu per hari. Lalu untuk turis asing bisa naik dari 611,28 dolar menjadi 635 dolar per hari pada 2013.

Mengingat seluruh agenda wisata di atas dimiliki daerah, maka dia mengharapkan setiap daerah giat mempromosikan agenda wisata di daerahnya masing-masing. 

Pemerintah provinsi, dia melanjutkan, siap memfasilitasi untuk promosi bersama. “Misalnya kami mau promosi ke luar daerah seperti Bali, kami bisa ajak daerah ikut serta berpromosi,” ucapnya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Surakarta Hidayatullah Al Banjari mengatakan ada 10 agenda wisata di Surakarta yang masuk dalam 50 atraksi utama di Jateng pada 2013.Misalnya Solo Batik Carnival, Solo Keroncong Festival, Mangkunegaran Performing Art, dan Solo Keroncong Festival.

“Tapi kami masih punya banyak agenda wisata yang akan kami promosikan secara mandiri,” katanya. Promosi dilakukan dengan membuat paket wisata yang menggabungkan beberapa atraksi dan obyek wisata sekaligus.

Untuk wisatawan yang dibidik, dia mengatakan lebih condong ke wisatawan domestik. Karena faktanya 98 persen wisatawan yang berkunjung ke Surakarta adalah turis domestik.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/16/198411039/Visit-Jateng-2013-Tawarkan-50-Atraksi-Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s