Pemerintah Rogoh Rp 600 Juta Beli Lemari Pendingin Ikan Patin

Pemerintah menganggarkan Rp 600 juta guna penyediaan 100 lebih lemari pendingin (freezer) untuk mendukung industri pengolahan ikan patin di Indonesia.

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saud Hutagalung menyatakan pembelian lemari pendingin ini dilakukan pada bulan Agustus. Harga per unit lemari pendingin ini, lanjutnya, sebesar Rp 5 juta. Dengan anggaran tersebut, sekitar 100 buah lemari pendingin siap disebar di Jakarta.

“Bulan 8 (Agustus) sudah bisa saya sebar, 100 lah kita taruh di Jakarta dulu, nanti kita simpan di koperasi-koperasi kementerian, kemudian di retail seperti Alfamart, kan banyak cabangnya,” ungkap Saud di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Jumat (15/6/2012).

Saud menyatakan tujuan pemerintah dalam menyediakan alat pendingin ini adalah untuk menginisiasi perusahaan pengolahan ikan patin agar dapat mempromosikan komoditas ini di tanah air.

“Kita sekarang sediakan dulu, nanti perusahaan itu mengikuti langkah kita,” katanya.

Selain itu, tambah Saud, KKP menyediakan kendaraan berupa truk berlemari pendingin juga untuk mempromosikan dan membudidayakan fillet patin ini. Untuk mendukung ini, pemerintah pun mulai Januari 2012 menghentikan impor ikan patin yang biasanya diimpor dari Vietnam dan mulai mengutamakan pasar domestik.

Saud menyebutkan pada tahun 2012 ini, KKP menargetkan volume produksi olahan patin mencapai 4444 ton yang seluruhnya akan dipasarkan di dalam negeri.

“Kita pasarkan di domestik saja, domestik juga udah bagus kok, di pulau Jawa ada fillet patin, di Riau Jambi itu ada patin pindang asap. Belum ingin ekspor,” tutupnya.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2012/06/15/141625/1942263/1036/pemerintah-rogoh-rp-600-juta-beli-lemari-pendingin-ikan-patin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s