Empat Provinsi di Kalimantan Gelar Promosi Bersama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal fokus mengembangkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai bagian wisata alam di Kalimantan yang bisa menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara.

“Ini kebijakan Ibu Menteri ke depan. Selain Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, kami pun akan kembangkan wisata bahari di Kalimantan Timur yakni Pulau Derawan,” jelas Kasubdit Promosi Wilayah Kalimantan dan Sulawesi Diana Tikupasang di sela acara Explore Exotica of Borneo pada Anjungan Kalimantan Timur Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (23/6). 

Menurut Diana, Tanjung Puting memiliki keindahan hutan alami dan orangutan yang masih murni dari sentuhan manusia. Tetapi, masih banyak wisatawan mancanegara yang belum mengetahui Tanjung Puting. 

“Acara Explore Exotica of Borneo adalah salah satu dukungan kami kepada pemerintah daerah untuk mempromosikan tempat wisata di Kalimantan yang punya potensi wisata alam, seperti Tanjung Puting dan Derawan,” ungkap Diana yang didampingi Kepala Seksi Promosi Pariwisata wilayah Kalimantan Suheriyah Ibrahim. 

Selain itu, kata Diana, ada juga dukungan dari pemerintah pusat berupa Borneo Extravaganza pada tahun genap, serta Pesona Borneo untuk tahun ganjil, dan paket-paket wisata lainnya untuk mempromosikan Kalimantan. 

Pada acara Explore Exotica of Borneo hadir pula kepala daerah dari beberapa provinsi se-Kalimantan di antaranya Wakil Gubernur Kalimantan Timur Farid Wajedi. Dihadiri juga sejumlah kepala dinas seperti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Ahmad Adha dan Direktur Utama TMII Indah Sugiono. 

Diana Tikupasang melanjutkan, selain dukungan dari pusat, dalam hal ini Kemenparekraf, pemerintah daerah dan pihak swasta di daerah juga punya peran untuk memajukan potensi wisata di Kalimantan. Terutama, wilayah-wilayah yang memang potensi wisatanya belum tergarap optimal. 

“Karena itu, saya amat mengapresiasi langkah pemda se-Kalimantan pada acara Explore Exotica of Borneo karena memiliki kepedulian sangat tinggi. Ini penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan imbasnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar daerah wisata,” kata Diana. 

Seperti, lanjut Diana, yang dilakukan Pemprov Kaltim dengan memperpanjang daerah landasan pesawat di Kabupaten Berau, tempat Pulau Derawan berada. “Ini langkah yang patut didukung oleh daerah lainnya untuk mendatangkan wisatawan mancanegara,” kata dia. 

Di acara Explore Exotica of Borneo atau promosi bersama se-Kalimantan itu ditampilkan antara lain berbagai pakaian adat, tari-tarian daerah, lagu daerah, dan makanan khas daerah se-Kalimantan. 

Mereka yang hadir di anjungan Kaltim pun sangat senang dengan segala potensi wisata yang dimiliki empat provinsi se-Kalimantan yakni Kalbar, Kalteng, Kaltim, dan Kalsel. 

“Lewat promosi bersama yang menampilkan potensi wisata secara beragam ini, kami mengharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Pasalnya selama ini, biasanya dilakukan sendiri-sendiri. Apalagi, tempatnya ada di TMII yang banyak dikunjungi orang, dan ini bisa menarik minat mereka ke daerah Kalimantan,” tambah Wakil Gubernur Kalimantan Timur Farid Wajedi. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Ahmad Adha mengemukakan dengan adanya promosi bersama se-Kalimantan di lokasi TMII selama dua hari yakni 23-24 Juni diharapkan bisa menarik minat wisatawan datang ke sejumlah wisata Kalimantan. 

“Target kami, untuk wilayah Kalimantan, dapat mendatangkan tiga juta wisatawan mancanegara dari target 8 juta secara nasional,” ujar Adha. (*/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/23/328483/4/2/Empat-Provinsi-di-Kalimantan-Gelar-Promosi-Bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s