LSM Indonesia Raih Penghargaan dari UNDP

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asal Indonesia yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan, Yayasan Karang Lestari, mendapatkan penghargaan dari United Nations Development Program (UNDP) pada pertemuan Rio=20 yang diadakan di Rio De Janeiro, Brasil, 20-22 Juni. 

Rio=20 merupakan sebuah pertemuan berbentuk forum yang diinisasi oleh UNDP untuk membicarakan pembangunan ramah lingkungan. 

Menurut UNDP Communication Analyst Tomi Soejipto, Yayasan Karang Lestari mendapat Equator Prize yang merupakan penghargaan bagi lembaga yang berperan dalam pembangunan yang ramah lingkungan. 

Yayasan yang didirikan I Gusti Agung Prana itu dinilai badan PBB tersebut telah berhasil dalam memberikan pengetahuan bagi masyarakat di sebuah desa nelayan di Buleleng Barat, Bali, untuk ikut melestarikan terumbu karang. 

Selain itu, Yayasan Karang Lestari juga ikut mengangkat sektor pariwisata yang memberikan nilai lebih dari segi ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

“Sebelumnya di sana merupakan desa nelayan miskin yang penduduknya lebih suka menggunakan bom untuk menangkap ikan. Yayasan Karang Lestari sendiri sudah sejak 1991 memberikan edukasi kepada masyarakat setempat dan hasilnya sekarang Buleleng Barat banyak dikunjungi wisatawan dan terumbu karangnya terjaga,” jelasnya. 

Penilaian panel, imbuh Tomi, juga didasarkan kepada pendekatan yang dilakukan Yayasan Karang Lestari kepada masyarakat. Yayasan itu menggunakan pendekatan kultural sehingga masyarakat setempat dengan sukarela meninggalkan kebiasaan lama mereka. 

UNDP juga memberikan bantuan dana kepada Yayasan Karang Lestari sebanyak US$5 ribu. (*/OL-15)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/06/327897/89/14/LSM-Indonesia-Raih-Penghargaan-dari-UNDP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s