Masyarakat Natuna Lepas 300 Penyu di Pantai

Sebanyak 300 anak penyu atau tukik di lepas di pantai Pulau Maraguk yang merupakan kawasan konservasi penyu oleh masyarakat Desa Mabai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

“Sudah saatnya tukik yang berusia satu bulan ini di lepas ke habitatnya,” ujar Suhairi (40), Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Mabai, Kelarik Utara, Natuna, Minggu di Pulau Maraguk.

Masyarakat yang dipimpin Camat Bunguran Utara, Sabki bersama pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Natuna dan ANTARA bersama-sama melepas 300 tukik ke habitatnya, yakni laut.

Menurut Sabki, upaya masyarakat Desa Mabai, terutama yang tergabung dalam Pokmaswas untuk menjaga kelangsungan dan kelestarian penyu sangat tinggi.

“Ini patut direspon dan menjadi contoh dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan ditambah pula Pulau Maraguk merupakan kawasan konservasi penyu,” jelasnya.

Ia mengatakan kepedulian masyarakat diwujudkan dengan memindahkan telur penyu dari saranganya yang sering menjadi incaran para nelayan yang tidak bertanggung jawab.

“Semoga ini menjadi aktifitas yang rutin dan pihaknya akan terus mensosialisasikan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan,” ujar camat yang pernah didemo karena menerapkan aturan-aturan lingkungan ini.

Sementara itu, Kepala bidang Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, DKP Natuna, Hadi Suryanto sangat respon dengan kepedulian masyarakat Desa Mabai.

“Inilah yang kami harapkan, kepedulian dan kesadaran yang berasal dari masyarakat sendiri, untuk ini ke depan kita akan berbuat lebih banyak untuk Pulau Maraguk sebagai suatu kawasan konservasi,” urainya.

Lebih jauh, Hadi yang didampingi pula Kepala Seksi Pengawasan, DKP Natuna, Buyung Priady akan menghadap Bupati Natuna guna menyampaikan apa yang menjadi keinginan masyarakat Desa Mabai yang bertujuan meningkatkan pengawasan di Pulau Maraguk.

“Masyarakat ingin ada pos di Desa Mabai, sehingga penjagaan terhadap telur-telur penyu dapat lebih ditingkatkan dan menghindarkan dari aktifitas pencurian yang semakin marak saja,” ujarnya.
(T.KR-RST/Z003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/321697/masyarakat-natuna-lepas-300-penyu-di-pantai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s