Pekanbaru Keluarkan Rp15 Miliar untuk Urus Sampah

Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, hampir setiap tahun mengeluarkan dana sebesar Rp15 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mengurus sampah di wilayah tersebut.

“Hampir tiap tahun pemerintah daerah mengeluarkan uang sebesar Rp15 miliar untuk mengatasi sampah,” kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, Selasa.

Setiap hari sampah pasar maupun rumah tangga di Kota Pekanbaru mencapai sekitar 400 ton, yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar, Kecamatan Rumbai.

Sampah terbanyak berasal dari rumah tangga di 60 kelurahan dari 13 kecamatan.

Guna mengurangi anggaran mengurus sampah yang besar tersebut, warga diminta untuk mengelola sampah di lingkungan masing-masing.

Dengan demikian, dana untuk sampah dapat dikurangi dan dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain.

Ayat juga mengharapkan agar warga memiliki persepsi bahwa sampah mempunyai nilai guna, dengan mengolah atau mendaur ulang, diantaranya menjadi kompos.

Contoh pengelolaan sampah yang baik, ditunjukkan oleh salah satu perguruan di Jalan Hang Tuah Pekanbaru yang mendaur ulang sampahnya dan menyediakan bank sampah.

Para mahasiswa mendaur ulang sampah menjadi tas, dompet, dan sandal. Selain itu, para mahasiswa juga memiliki bank sampah dengan jumlah nasabah mencapai 1.700 mahasiswa dengan saldo tabungan mencapai Rp30 juta.

Ayat berharap sikap mahasiswa peduli sampah itu ditiru oleh masyarakat. “Kegiatan mahasiswa itu sebaiknya dicontoh oleh yang lain sehingga sampah di Pekanbaru dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Bila masing-masing perguruan tinggi atau pihak sekolah dapat memanfaatkan pengolahan sampah secara baik, tentunya dana dari APBD untuk mengurus sampah dapat dialihkan keperluan pendidikan atau kesehatan warga, jelasnya. (A047)

Editor: Heppy

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/324722/pekanbaru-keluarkan-rp15-miliar-untuk-urus-sampah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s