Desember, Motor Penggerak Mobil Listrik Diproduksi Massal

JAKARTA, KOMPAS.com — Produsen senjata PT Pindad (Persero) berencana akan memproduksi massal motor penggerak untuk mobil listrik. Rencananya, produksi tersebut akan dilakukan akhir tahun ini.

Direktur Utama PT Pindad Adik Avianto Soedarsono menjelaskan, saat ini perseroan hanya membuat satu prototipe motor penggerak untuk mobil listrik tersebut. “Pada 5 Desember nanti kami siap memproduksi massal motor penggerak mobil listrik tersebut. Saat ini masih prototipe,” kata Adik saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (7/8/2012).

Karena masih prototipe, motor penggerak mobil listrik ini masih ada yang belum sempurna. Misalnya, masih ada bunyi-bunyi yang dihasilkan dari motor penggerak tersebut. Namun, kata Adik, motor penggerak itu sudah berfungsi dengan baik. Masalahnya, dana untuk memproduksi motor penggerak mobil listrik ini cukup mahal.

“Karena masih prototipe, kami mengerjakan secara manual, bukan mesin. Biayanya mencapai Rp 300 juta untuk satu motor penggeraknya,” tambahnya.

Rencananya, PT Pindad akan membuat dua prototipe dengan kapasitas penggerak yang berbeda sehingga nanti bisa dibedakan hasilnya. Untuk tahap pertama ini, PT Pindad membuat prototipe motor penggerak berkapasitas 50 KW. Jika motor penggerak ini sukses dan dapat diproduksi massal serta proses produksinya memakai mesin atau robot, maka harga motor penggeraknya bisa ditekan. “Semoga nanti bisa ditekan menjadi Rp 40 juta atau malah bisa kurang lagi,” jelasnya.

Dengan harga motor penggerak yang lebih rendah, maka nanti diharapkan harga mobil listrik juga akan lebih murah. Namun, semua juga akan tergantung rangka mobil dan komponen lainnya. Masalahnya, harga komponen motor penggerak ini masih mahal karena masih menggunakan komponen impor. Komponennya bisa berupa tembaga, silikon steel, atau yang lain dengan harga proses produksi enam kali lipat dibanding impor.

“Kami yakinkan bahwa Pindad secara konsep sudah bisa membuat motor penggeraknya. Kami juga dibantu oleh tim teknisi dari Menteri BUMN Dahlan Iskan,” jelasnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s