KKP bangun pusat keunggulan konservasi laut tropis

 

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun pusat keunggulan bidang konservasi sumber daya laut tropis sebagai langkah penerapan rencana aksi regional dan nasional untuk mendukung Inisiatif Segitiga Terumbu Karang.

“Pendirian pusat keunggulan tersebut dapat mempermudah dalam mengakses karya unggulan keilmuan agar dapat dimanfaatkan oleh tenaga pengelola KKP, para pemangku kepentingan, serta pengambil kebijakan dan keputusan,” kata Sekretaris Jenderal KKP Gellwynn Jusuf di Jakarta, Jumat.

Gellwynn menjelaskan, pembangunan pusat keunggulan tersebut menandai dimulainya babak baru untuk memanfaatkan karya unggulan keilmuan guna mengelola sumber daya pesisir dan laut secara berkelanjutan. 

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target pencapaian kawasan konservasi perairan sebesar 20 juta hektare pada 2020. 

Sampai dengan pertengahan 2012, Indonesia telah berhasil menetapkan kawasan konservasi laut seluas 15,5 juta hektare atau sebesar 77,5 persen dari target.

“Pencapaian wilayah seluas 20 juta hektare tersebut setidaknya membutuhkan sekitar 7.500 orang tenaga pengelola dan para pemangku kepentingan terkait,” kata Gellwynn.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pendukung upaya konservasi diperlukan kegiatan pelatihan terpadu, perancangan kurikulum pelatihan berbasis kompetensi dan dukungan para ahli dalam menggapai pencapaian target wilayah.

“Pengelolaan kawasan yang efektif dan berdaya guna secara lestari dapat terwujud dengan tersedianya para pengelola wilayah yang handal serta memiliki kompetensi di bidangnya,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan sudah sepatutnya berkepentingan untuk memastikan kelestarian sumber daya laut yang berkontribusi sebagai sumber penghidupan bagi lebih dari 100 juta jiwa penduduk di wilayah pesisir.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/325436/kkp-bangun-pusat-keunggulan-konservasi-laut-tropis

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s