Laba Bersih PTPP Melonjak 44,17% pada Semester I 2012

Jakarta, 2/8 (ANTARA) – PT PP (Persero) Tbk – perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia mencatat lonjakan laba bersih sebesar 44,17% atau menjadi Rp 64,86 miliar pada smester I 2012 jika dibandingkan periode yang sama tahun 2011 sebesar Rp 44,98 miliar. Pencapaian kinerja ini merupakan hasil dari Konstruksi, Properti, EPC dan Investasi, di mana sektor konstruksi memberikan kontribusi terbesar atas perolehan Pendapatan maupun Laba, sedangkan segmen EPC menyumbang 21% dalam perolehan Laba kotor.

Pendapatan perseroan pada smester I 2012 sebesar Rp 2,02 Triliun memang masih didominasi dari sektor konstruksi, sedangkan dari sektor EPC yang aktivitasnya baru dimulai awal tahun lalu telah memberikan kontribusi pendapatan sebesar 16,28%, kontribusi pendapatan dari sektor Properti sebesar 2,66%.

Untuk tahun 2012 Perseroan menargetkan order booksebesar Rp 27 Triliun yang terdiri dari kontrak baru Rp 16,8 Triliun dan kontrak carry over sebesar Rp 10,2 Triliun, di mana PTPP mengincar proyek-proyek Pemerintah serta BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur.

Beberapa proyek besar yang telah diperoleh dalam tahun 2012 antara lain Educity Apartment di Surabaya, Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Muara labuh, Sumatera dan proyek EPC Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 100 MW  di Duri Pekanbaru, Sumatera.

“Untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan, kami telah menetapkan strategi fokus pada empat pilar bisnis utama, yaitu Konstruksi, Properti, EPC dan Investasi, di mana kontribusi pendapatan dari segmen Properti dan EPC serta recurring income dari hasil Investasi terus menerus ditingkatkan”, Bambang Triwibowo, Direktur Utama PTPP menyampaikan kepada Media.

Menghadapi persaingan yang semakin ketat, perseroan telah menggulirkan Green Program  sebagai salah satu keunggulan bersaing, sedangkan di bidang EPC membidik segmen pasar yang tumbuh cepat, antara lain di sektor Infrastruktur, Energi dan Oil&Gas. Dalam bidang Properti, perseroan melaksanakan program pengembangan  dalam tiga cluster, yaitu Commercial ( Shopping Mall, Trade Center, Office), Residential (Vertical dan landed), Hospitality (Hotel, Leisure), dengan mengutamakan pemberdayaan asset (lahan) yang telah dimiliki serta melakukan sinergi antar BUMN.

Sekilas Mengenai PT PP (Persero) Tbk

PT PP (Persero) Tbk – Perusahaan Konstruksi, Properti dan Infrastruktur Terkemuka di Indonesia, merupakan salah satu perusahaan konstruksi BUMN terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1953. Beberapa proyek besar telah berhasil di kerjakan oleh PT PP seperti Hotel Indonesia, Gedung MPR/DPR, Balerang Cable Stayed Bridge Tonton, Pelabuhan Tanjung Perak dan beberapa gedung pencakar langit di daerah distrik utama bisnis di Jakarta.

PTPP secara konsisten berhasil mempertahankan pertumbuhan laba .Pada akhir tahun 2010, PTPP berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 202 miliar atau melonjak 23,51% dibandingkan perolehan laba bersih tahun 2009 sebesar Rp 163 miliar dan pada tahun 2011 telah mencapai Laba bersih sebesar Rp 240 Miliar atau meningkat 19,13% dari tahun 2010. 

Per 5 Agustus 2010 saham PTPP bahkan telah masuk indeks “Kompas 100” setelah sebelumya masukMorgan Stanley Composite Indeks (“MSCI”) yang dibuat oleh Morgan Stanley – Fund Manager internasional untuk daerah Asia Pacifik kecuali Jepang untuk saham-saham pilihan. 

Untuk Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Betty Ariana, Corporate Secretary, PT PP (Persero) Tbk (Tel : 021-877 84137)

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/325133/laba-bersih-ptpp-melonjak-4417-pada-smester-i-2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s