Kaltim Telah Kucurkan Rp 450 Miliar untuk Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN–Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur bisa masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena dinilai terbanyak mengucurkan beasiswa.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak pada rangkaian kunjungan kerja di wilayah utara Kalimantan Timur, Selasa, menyatakan, pihaknya telah mengucurkan beasiswa Rp450 miliar sejak 2009.

“Saya telah dihubungi pendiri MURI Jaya Suprana yang mengatakan mau memasukkan Kaltim dalam rekor Muri karena dinilai terbesar memberikan beasiswa di Indonesia. Jaya Suprana akan segera mengirim tim untuk mengecek karena selama ini hanya membaca di koran,” ungkap Awang Faroek Ishak, pada peninjauan pelaksanaan KTP Elekkronik di Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

Sejak 2009, kata Awang Faroek Ishak, Pemerintah Provinsi Kaltim telah memberikan Beasiswa Kaltim cemerlang untuk membantu biaya pendidikan kepada siswa dan mahasiswa dan atau calon mahasiswa dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu dan berprestasi, baik di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Pada 2009, Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan beasiswa kepada 30 ribu orang, pada 2010 sebanyak 32 ribu orang kemudian pada 2011 sebanyak 30 ribu dan pada 2012 direncanakan sebanyak 35 ribu penerima.

“Setiap tahun kami mengucurkan beasiswa Rp100 miliar dan sampai saat ini kami telah mengucurkan Rp450 miliar,” kata Awang Faroek Ishak.

Pemerintah Provinsi Kaltim, lanjut dia, terus berkomitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja di daerah itu.

Program penyaluran beasiswa itu, kata dia, dilaksanakan sesuai prinsip 3T, yakni, Tepat Sasaran, Tepat Jumlah dan Tepat Waktu, maka diperlukan acuan khusus berupa petunjuk teknis bagi pengelola dan masyarakat agar seleksi dan penyalurannya tidak mengalami hambatan.

Pemerintah Provinsi Kaltim juga memberikan beasiswa khusus melalui kerja sama dengan berbagai pihak yakni, kerja sama dengan perguruan tinggi untuk tingkat pendidikan strata I (sarjana) di Institut Teknologi Bandung (ITB), kerja sama dengan perguruan tinggi untuk tingkat pendidikan strata I (sarjana) di Institut Teknologi Kalimantan (ITK ), kerja sama dengan perguruan tinggi di Eropa dengan Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang.

Program beasiswa khusus lainnya, kerja sama dengan perguruan tinggi di Thailand untuk program Magister Dual Degree serta kerja sama dengan perguruan tinggi di Thailand untuk program doktor.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/11/m6yhtb-kaltim-telah-kucurkan-rp-450-miliar-untuk-beasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s