Karya Seniman Yogyakarta Sukses di Paris!

KOMPAS.com – Témoin Hybride, begitu judul yang dipilih seniman Eko Nugroho asal Yogyakarta, yang mengisi salah satu ruangan museum seni moderen kota Paris (Musée d’art moderne de la ville de Paris). Karya seninya langsung menjadi buah bibir khususnya para kritikus Perancis yang dianggap memiliki kritik tajam.

Eko Nugroho yang diberikan kebebasan mutlak dalam berkarya di museum Kota Paris ini mengisi ruangan dengan berbagai warna tajam, ceria namun juga menyerang membuat tenggorokan pengunjung yang berhadapan dengan karya seninya tercekat.   Tak tanggung atap dan lantai ruangan museum itu pun turut menjadi bagian dari cerita seni yang dibagikannya kepada pengunjung dengan permainan kuasnya dan juga instalasinya.

Pengunjung akan dihadapi oleh rasa kejut dan takut bagaikan seorang bocah saat sebuah monster hijau dan tokoh lainnya bergelantung dari dinding bertemu pandangan kita. Karena itulah masuk ke dalam pameran dari pria kelahiran tahun 1977 ini bagaikan larut dalam sebuah komik. Setiap langkah, harus dijajaki dengan awas agar tak ada satu karya seninya yang lolos dari kepala dan mata.

Karyanya yang memberikan bekas tajam di benak kepala rupanya menjadi buah bibir, khususnya di kalangan pecinta seni dan menjadikan salah satu acuan bagi mereka yang bersekolah seni di Paris sebagai bahan diskusi.

Berlatar belakang pendidikan Institut Seni Yogyakarta namun kehidupan jalanan lah yang memberikan banyak insipirasi padanya. Karya seninya mulai dipamerkan secara serius sejak tahun 2002 dan dua tahun belakangan ini, kreasinya telah terpajang di luar negeri. Perancis, Jerman, Belanda, Amerika dan masih beberapa negara asing lainnya yang menyambut karya cemerlang Eko Nugroho.

Pameran yang telah dimulai sejak awal tahun ini langsung mendapatkan sambutan positif dari masyarakat setempat dan juga wisatawan asing yang datang berkunjung ke museum seni moderen di Paris ini, membuat hasil karya Eko Nugroho diperpanjang hingga bulan Juni tahun ini.

Dunia seni Indonesia bisa tersenyum bangga melihat hasil karya seniman asal Yogyakarta meraih kesuksesan dan membeli hati para pencinta seni di luar negeri. (DINI KUSMANA MASSABUAU)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s