Depati Amir Siap Jadi Bandara Internasional

PANGKALPINANG–MICOM: Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Depati Amir Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap menjadikan badara itu bertaraf internasional untuk memajukan perkembangan ekonomi daerah tersebut. 

“Kapan pun rencana pengembangan Bandar Udara Depati Amir menjadi bandara internasional, Angkasa Pura I selalu siap, akan tetapi dengan melihat pangsa pasar di daerah itu,” ujar Pelaksana Teknik Operasional PT Angkasa Pura (Persero) Bandar Udara Depati Amir Kota Pangkalpinang, Harun Norsyid, di Pangkalpinang, Kamis (17/8). 

Lebih lanjut, ia mengatakan sebenarnya dalam pengembangan bandar udara internasional itu tergantung perkembangan pangsa pasarnya, karena maskapai yang akan masuk ke bandara yang berkelas internsional itu tidak ingin rugi yang diakibatkan kecilnya pangsa pasarnya. 

Menurut dia, melihat pangsa pasar di Bangka Belitung khususnya di Bandar Udara Depati Amir masih minim pangsa pasar internasionalnya karena daerahnya baru berkembang dan daerah luar masih sedikit yang tahu kondisi daeranya. 

“Padahal kalau dilihat dari kondisi alamnya sangat berpotensi untuk dijadikan sasaran pariwisata handal dan bisa bersaing dengan Bali,” ujarnya. 

Ia mengatakan pengembangan daerah itu memerlukan tahapan yang panjang dan kinerja pemerintah bersama dengan rakyat untuk mengembangkan daerah itu menjadi sasaran pariwisata andal. 

Di samping itu, kata dia, selain potensi alam Babel juga memiliki kekayaan hasil perkebunan lada dan hasil pertambang timah yang sudah terkenal di pangsa pasar internasional.  

Secara umum, Babel memiliki banyak potensi untuk bisa mengembangkan daerah itu menjadi sasaran pariwisata handal dan menjadikan perkembangan daerah lebih maju dan termasuk menjadikan bandara berkelas internasional.  

“Sekarang yang paling utama dalam pengembangan bandara menjadi berkelas internasional adalah tergantung pangsa pasarnya, dan jika itu memiliki potensi pasar yang bagus maka dipastikan maskapai akan berebut untuk masuk ke daerah itu,” ujarnya. 

Menurut dia, sekarang yang mesti dilakukan adalah merencakan pengembangan daerah sehingga banyak dikenal di pasar internasional untuk memajukan perekonomian masyarakat setempat. (Ant/OL-10) 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/16/341240/126/101/Depati-Amir-Siap-Jadi-Bandara-Internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s