Ini 3 Jurus Pemerintah Kembangkan Mobil Listrik ‘Made in’ Indonesia

Jakarta – Pemerintah serius mempersiapkan mobil listrik nasional. Pemerintah telah merancang 3 program khusus untuk mengembangkan mobil listrik lokal. Apa saja?

“Mobil listrik itu sekarang kita sedang manage, ada tiga program. Pertama adalah bagaimana desain dan risetnya di bawah Mendiknas. Kedua menyangkut fiskalnya insentif, ketiga produksi massalnya seperti apa,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Terkait program insentif yang akan diberikan untuk pengembangan mobil listrik, Hatta mengaku bentuk insentif yang diberikan bisa bermacam-macam.

“Insentif itu tentunya untuk meningkatkan produksi dalam negerinya. Kalau ada impor kita bebaskan bea masuk dan sebagainya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Hatta pernah berharap, mobil listrik jenis city car seperti garapan Dasep Ahmadi, Depok bisa diproduksi massal dan dijual dengan harga terjangkau. Jika perlu, harga mobil listrik itu bisa dijual tak jauh-jauh dari harga ‘mobil sejuta umat’ Toyota Avanza.

Dalam waktu dekat akan mengeluarkan peraturan untuk mengatur tentang insentif dan pengembangan mobil listrik nasional. Hal ini untuk meningkatkan daya saing mobil listrik buatan dalam negeri.

Hatta juga menjelaskan, nantinya jika diproduksi secara massal, mobil listrik harus mengandung minimal 70% komponen lokal. “Harus di atas 70% karena komponen utamanya itu baterai, strukturnya kita punya, platnya kita punya, komponennya kita punya kemudian sistem transmisi kita kembangkan, ban kita punya,” tutup Hatta.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2012/08/16/143719/1993322/1036/ini-3-jurus-pemerintah-kembangkan-mobil-listrik-made-in-indonesia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s