Menkop Yakin Penyerapan KUR Tembus Rp 30 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah mencapai Rp 19 triliun sampai dengan 30 Juli 2012. Dengan kondisi itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pun yakin penyaluran KUR tembus Rp 30 triliun pada tahun ini

“Rp 19 triliun sampai tanggal 30 Juli kemarin,” sebut Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Realisasi penyerapan KUR sampai 30 Juli 2012 telah mencapai Rp 19 triliun. Angka tersebut telah mencapai 63 persen dari target 2012 sebesar Rp 30 triliun.

Syarifuddin pun mengatakan, kendala dalam penyerapan KUR relatif sedikit. Dari sisi Pemerintah, dia mengklaim tidak ada masalah. Kendala mungkin hanya ada di sisi masyarakat saja yakni komunikasi antara masyarakat dengan pihak perbankan.

Ia mengharapkan, masyarakat harus lebih berkomunikasi dengan pihak perbankan. Tidak bisa masyarakat hanya bersikap menunggu. “Karena apa? Perbankan itu kan terbatas untuk menjangkau rakyat kecil. Itu kan sangat terbatas kan,” tegas Syarief.

Dengan tidak adanya masalah yang berarti, ia pun optimistis target penyerapan KUR bisa tembus Rp 30 triliun pada tahun 2012. “Ini kan 63 persen semester I kita sudah capai. Sampai akhir tahun pasti tembus angka Rp 30 triliun,” tandas Syarief.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/15/1540529/Menkop.Yakin.Penyerapan.KUR.Tembus.Rp.30.Triliun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s