Menteri Minta Pemda Buat Zona Wilayah Pesisir

JAKARTA–MICOM: Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentu saja memiliki banyak daerah pesisir. 

Untuk itulah Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mendorong pemerintah daerah segera menyusun zonasi wilayah pesisir. 

Tujuannya agar dapat ditata penggunaannya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri beserta 300 kabupaten di seluruh Indonesia untuk menyiapkan peraturan daerah ini,” kata Sharif Cicip Sutardjo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/8). 

Menurut dia, zonasi atau rencana tata ruang kawasan perairan itu diharapkan akan menciptakan iklim yang kondusif sehingga tercipta kepastian alokasi ruang di setiap kegiatan usaha perikanan dan kelautan.     

Ia juga menegaskan pentingnya zonasi kawasan perairan dan pesisir dalam mengatur tata ruang pemanfaatan di laut.  Sebab tumpang tindihnya pengelolaan kawasan tersebut akan mengakibatkan pengelolaan pesisir menjadi tak terarah. 

Terkait pengelolaan wilayah pesisir dan pulau kecil tersebut, KKP tengah menyusun rencana strategis dalam upaya pemanfaatan wilayah pesisirdan pulau-pulau kecil.      

Sebelumnya, Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudirman Saad mengatakan, pengembangan kebijakan terkait zonasi kawasan perairan di Indonesia terhambat dua permasalahan. 

Sudirman memaparkan, dua permasalahan itu antara lain karena zonasi untuk kawasan perairan dan lautan di Indonesia masih belum dianggap sebagai sesuatu hal yang penting. 

Selain itu, ujar dia, permasalahan lainnya adalah masih kurangnya sumber daya manusia yang terdapat di daerah-daerah tersebut baik dalam hal jumlah maupun kapasitas atau kemampuan. 

Padahal, zonasi di kawasan perairan dan lautan merupakan hal yang fundamental dalam hal pengelolaan kawasan tersebut sebagaimana rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang terdapat di daerah daratan. 

Untuk itu, pihaknya untuk jangka pendek ini akan mengusahakan agar dapat diterbitkannya Surat Edaran antara Menteri Kelautan dan  perikanan dan Menteri Dalam Negeri. (Ant/OL-8)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/15/340972/89/14/Menteri-Minta-Pemda-Buat-Zona-Wilayah-Persisir-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s