Bali Berpotensi Kembangkan Minyak Kenanga

Denpasar (ANTARA News) – Provinsi Bali berpotensi untuk mengembangkan industri minyak kenanga karena diminati pasar internasional, kata pengusaha penyulingan minyak atsiri, Daniel Bahari.

“Kami sedang mengupayakan untuk mengembangkan kenanga sebagai minyak atsiri karena kenanga Bali bernilai ekonomi tinggi di pasar internasional,” ujarnya di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, kenanga atau dalam bahasa lokal di Bali dikenal dengan sebutan sandat, yang berasal dari Pulau Dewata itu merupakan salah satu bunga yang bisa diolah menjadi minyak untuk pewangi dan kebutuhan spa.

Dia menuturkan, minyak sandat dari Bali pun dihargai cukup tinggi sebesar 200 dolar Amerika Serikat (AS) di pasar internasional, seperti AS dan Eropa.

Minyak dari bunga dengan warna kuning kehijauan itu cukup mahal jika dibanding minyak kenanga dari Pulau Jawa yang dihargai relatif murah, yakni sekitar 60 dolar AS.

“Di pasar internasional, minyak sandat itu dikenal dengan ylang-ylang oil, dan itu sangat disukai wisatawan asing,” ujarnya.

Masyarakat di Tanah Air mengenal bunga harum itu sebagai salah satu bahan wangi-wangian atau parfum, dan sebagai bahan aromaterapi, serta kosmetika.

Dia mengatakan bahwa minyak atsiri dari kenanga itu merupakan salah satu dari 200 jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia yang bisa diolah menjadi minyak atsiri.

Menemukan bunga sandat di Bali, menurut Bahari, sangat mudah karena ditanami di setiap rumah dan pemukiman warga. 

Namun, ujarnya, hal itu memerlukan pembinaan mengenai pentingnya nilai ekonomi bunga sandat karena selama ini bunga dengan nama latin Cananga odorata itu sebagian besar digunakan sebagai perlengkapan upacara.

Untuk menghasilkan bunga kenanga yang baik, ia menyarankan, agar warga rajin untuk memotong ranting pohon itu agar bisa berkembang maksimal.

Pihaknya saat ini baru akan merintis produksi minyak dari kenanga itu dengan telah dibukanya penyulingan minyak atsiri di daerah Peguyangan, Denpasar Utara.

Ke masa depan, ia menambahkan, selain sandat juga sedang berupaya untuk menghasilkan minyak atsiri dari daun nilam yang juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan cukup diminati pasar internasional. (T.ANT-330/R010)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/329064/bali-berpotensi-kembangkan-minyak-kenanga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s