Kunjungan Wisman ke Bali Naik 7,73 Persen

Denpasar (ANTARA News) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subhiksu mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata pada semester pertama tahun ini naik 7,73 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Sampai semester pertama tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah kita mencapai sekitar 1,4 juta dengan didominasi wisatawan asal Australia dan China,” katanya, di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, dominasi wisatawan Australia terjadi karena jarak yang dekat dan kemudahan aksesibelitas.

“Mereka masih menyenangi daerah pantai seperti Kuta, karena kebanyakan yang datang orang muda, yang orang tua juga suka Kuta. Jadi Kuta itu seperti rumahnya sendiri,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, daya pikat Kuta bagi wisatawan dari Negeri Kangguru itu belum bisa ditandingi oleh objek wisata lainnya. “Kalau Pantai Sanur yang suka kebanyakan wisatawan Eropa,” katanya.

Ia menambahkan, selain Australia dan China, wisatawan yang kunjunganya juga mengalami peningkatan signifikan yaitu wisatawan dari Singapura dan Malaysia. “Kedua negara ini jarak tempuhnya ke Bali juga cukup singkat,” katanya.

Sementara untuk kawasan Eropa, wisatawan asal Prancis yang masih mendominasi ke Pulau Dewata.

Di sisi lain, ia menyebut permasalahan kemacetan lalu lintas dan kebersihan masih menjadi keluhan wisatawan mancanegara.

“Keluhan jangan hanya dipandang sepele karena ukuran kebersihan menjadi perhatian wisatawan, jika dibandingkan di daerah mereka sendiri tidak ada sampah sampai berserakan,” ucap Subhiksu.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/329393/kunjungan-wisman-ke-bali-naik-773-persen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s