Air Terjun Cunca Rami Jadi Incaran Wisman

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Selain Taman Nasional Komodo, ada juga obyek wisata lain di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang tak kalah unik yakni air terjun Cunca Rami yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara setiap hari. Air terjun Cunca Rami yang tingginya 70 meter terletak di Desa Lamung, Kecamatan Mbeliling. Setiap pemandu lokal mengantar wisatawan ke lokasi air terjun Cunca Rami dari Labuan Bajo.

Air terjun Cunca Rami memiliki keunikan tersendiri dimana pada musim kemarau dan hujan, air terjunnya tetap sama mengalir deras. Bahkan, air terjun Cunca Rami memiliki sebuah sungai dibawahnya, dimana wisatawan bisa mandi dengan bantuan pemandu lokal.

Untuk menuju ke air terjun Cunca Rami, wisatawan dari Kota Labuan Bajo dapat menggunakan sepeda motor atau menggunakan kendaraan umum menuju ke Kota Ruteng. Jarak tempuh dari Kota Labuan Bajo menuju Ruteng diperkirakan 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Ada tiga pintu masuk menuju ke air terjun Cunca Rami. Pertama, wisatawan dari Labuan Bajo menuju ke Kampung Cecer melakukan perjalanan atau trekking dengan melintasi kawasan hutan Mbeliling sampai tiba di persawahan sekitar air terjun Cunca Rami. Kedua, wisatawan berjalan kaki dengan mendaki melalui Gua Waelia dengan melintasi kawasan hutan Mbeliling sampai di Kampung Lamung dan jalan menurun menuju ke persawahan di sekitar air terjun Cunca Rami. Ketiga, perjalanan kaki melalui Kampun Waelelos menuju ke Kampung Rangat dan menuruni lembah sampai di persawahan sebelum masuk ke air terjun Cunca Rami.

Senior Guide Kabupaten Manggarai Barat, Gabriel Gampur kepada Kompas.com, di Labuan Bajo, belum lama ini menjelaskan, salah satu satu obyek wisata di Kabupaten Manggarai Barat yang sering diminati wisatawan mancanegara, baik dari Amerika Serikat, Australia, Eropa dan Asia yakni berwisata di air terjun Cunca Rami yang berada di sekitar kawasan hutan Mbeliling.

Gampur menjelaskan, selama ini dirinya sering mengantar wisatawan asing ke Cunca Rami. “Bahkan sebelum mereka berkunjung ke Taman Nasional Komodo atau melakukan diving di perairan Komodo, wisatawan berkunjung ke kawasan hutan Mbeliling yang memiliki air terjun Cunca Rami,” kata Gampur.

Salah satu warga Kampung Rangat, Agustinus Suhardi kepada Kompas.com, Minggu (26/8/2012) menjelaskan, setiap pagi dan sore sering melihat wisatawan yang berkunjung ke air terjun Cunca Rami. Warga masyarakat setempat sering mengantar turis ke lokasi air terjun tersebut. Bahkan di kampung-kampung sudah dibuat papan petunjuk ke lokasi air terjun Cunca Rami yang dibuat masyarakat agar wisatawan tidak tersesat menuju ke lokasi air terjun Cunca Rami.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2012/08/27/08295750/Air.Terjun.Cunca.Rami.Jadi.Incaran.Wisman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s