BKSDA Jambi Latih 800 Masyarakat Peduli Api

Jambi (ANTARA News) – Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, Trisiswo, menyatakan pihaknya telah melatih sedikit-dikitnya 800 orang masyarakat peduli api yang bisa membantu upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan di daerah itu.

“Sebanyak 800 orang ini menyebar di 42 desa diseluruh kabupaten di Provinsi Jambi. Mudah-mudahan akan masih bertambah dan bisa membantu secara swadaya upaya pemadaman kebakaran lahan maupun hutan,” ujar Trisiswo saat mengikuti rapat koordinasi penanganan asap dan kebakaran lahan di Provinsi Jambi, Jumat.

Menurut dia, dalam upaya menekan angka kebakaran lahan dan hutan sangat perlu melibatkan masyarakat. Khususnya yang berada dikawasan titik rawan kebakaran.

“Sebab, masyarakat inilah yang berpotensi pertama kali mengetahui adanya kebakaran di lapangan, sehingga sangat perlu dibekali dengan pelatihan bagaimana cara menghadapi kebakaran,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat peduli api ini nantinya akan di-back-up oleh tim manggala agni Jambi yang berjumlah 300 orang.

Pada rapat itu, kata dia, pihaknya juga mengusulkan agar bantuan dari program penanganan asap lintas negara ASEAN bisa diproyeksikan untuk membantu kelompok masyarakat peduli api tersebut.

“Sebab, selama ini bantuan dari negara negara ASEAN, seperti Singapura maupun Malaysia, terkesan dibesar-besarkan saat forum internasional. Bantuan tidak seberapa dan belum sebanding dengan upaya penanganan kebakaran hutan di Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu, Pemprov Jambi diminta memberikan usulan adanya bantuan khusus bagi masyarakat peduli api, dan salah satunya adalah bantuan peralatan pemadaman api.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Syahrasaddin, mengatakan bahwa upaya penanggulangan kebakaran di Jambi telah membentuk tim khusus yang beranggotakan dari berbagai instansi terkait seperti, manggala agni, dinas pertanian, dinas kehutanan, dinas perkebunan, BMKG, tim penanggulangan bencana daerah serta pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

“Mudah-mudahan tim ini bisa cepat bekerja mengatasi persoalan kebakaran hutan di Jambi ini. Mengingat, musim kemarau menurut laporan BMKG akan terjadi hingga pertengahan Oktober 2012,” katanya menambahkan. (T.KR-BS)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/329242/bksda-jambi-latih-800-masyarakat-peduli-api

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s