Bentara Bali Gelar Pameran Ragam Budaya Sumba

Gianyar (ANTARA News) – Bentara Budaya Bali menggelar pameran ragam budaya Sumba di pusat kebudayaan yang terletak di Jalan Ketewel, Kabupaten Gianyar, dari 24 Agustus sampai 7 September 2012.

“Penyelenggaraan kegiatan ini sebagai salah satu program dari kami untuk merawat warisan budaya,” kata Warih Wisatsana, koordinator dari pameran tersebut di sela-sela pembukaan di Bentara Budaya Bali (BBB), Jumat malam.

Tujuannya adalah untuk membuka wawasan bagi kalangan para budayawan dan seniman yang ada di Pulau Dewata sehingga mengetahui secara baik kebudayaan yang ada di nusantara.

Hal itu memungkinkan para seniman merefleksikan pengetahuan dan wawasan mengenai budaya nusantara itu dalam karyanya.

“Sebelum menggelar pameran ini, kami juga telah menyelenggarakan kegiatan serupa untuk budaya Singapadu dan salah satu suku dari Papua,” ujarnya mengungkapkan.

Pameran ini akan menampilkan beragam bentuk karya seni, mulai dari foto, sastra, seni patung, pembuatan kain tenun sampai pemutaran film dokumenter mengenai kehidupan dan tokoh masyarakat di Pulau Sumba.

Kegiatan tersebut juga diperkaya dengan diskusi yang menghadirkan para pakar kultural. Mereka akan secara mendalam membincangkan peluang dan tantangan yang dihadapi masyarakat tersebut di masa kini.

Karya puisi Umbu Lambu Paringgi, sastrawan terkemuka di Tanah Air, ditampilkan untuk memperkaya pameran tersebut. Karya sastra tersebut disertai foto-foto terpilih mengenai penyair tersebut yang secara khusus diabadikan oleh seniman Made Wianta.

Puisi Umbu tidak hanya menampilkan Sumba sebagai sebuah tanah kelahiran yang berpengaruh penting bagi perjalanan hidupnya, tetapi juga mampu merefleksikannya sebagai tema utama.

“Semoga karya sang legendaris itu memberikan perspektif yang lebih kaya bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami ragam budaya Sumba,” ucap Warih. (KR-IGT/Z003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/329341/bentara-bali-gelar-pameran-ragam-budaya-sumba

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s