IPB-Kementan Bentuk Tim Bimas 21

Bogor (ANTARA news) – Fakultas Pertanian IPB bekerja sama dengan Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) membentuk Tim Bimas 21.

“Dinamakan (Tim Bimas) 21 karena merupakan upaya untuk mengulang sukses kegiatan Bimbingan Masyarakat (Bimas) pada tahun 1960-an yang juga melibatkan para mahasiswa,” kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MSi di Bogor, Jabar, Selasa.

Dalam kaitan itu, katanya, pada pertengahan Juli 2012, rombongan IPB yang dipimpin oleh Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto melakukan kunjungan supervisi kegiatan Kuliah Kerja Profesi (KKP) IPB 2012 ke Kabupaten Karawang

Ia menjelaskan, dalam kegiatan itu mahasiswa melakukan verifikasi peta sawah dan pendataan pengelolaan sawah dan produksi pertanian serta aspek sosial yang terkait petani.

Setelah meninjau lokasi KKP IPB 2012, rombongan IPB menuju Desa Tunggal Jati untuk napak tilas lokasi Bimas, yang dikenal pada tahun 1960-an. 

Rombongan IPB juga berdialog dengan para petani. 

Dijelaskannya bahwa kegiatan Bimas 21 ini bertujuan membuat peta sawah baku (petak) yang melibatkan mahasiswa KKP-IPB dan menegembangkan sistem estimasi produksi padi.

Menurut dia, dengan pendekatan penggunaan citra multiresolusi, yang menggunakan citra optik (citra ALOS dan modis) dan non-optik (citra SAR) untuk membuat peta sawah baku, dan prediksi produksi alam diarahkan sehingga operasional dalam skala luas, mengingat riset dalam skala kecil sudah berhasil dilakukan.

Rombongan juga menghadiri acara “Gelar Teknologi dan Diseminasi Hasil Penelitian Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (I-MHERE) B.2c. 

Kegiatan tersebut menampilkan berbagai hasil kegiatan I-MHERE B.2c yang telah dilakukan sejak tahun 2010, yakni melakukan percobaan penanaman padi semi-organik dan organik.

(A035/B012)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/327595/ipb-kementan-bentuk-tim-bimas-21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s