Sekolah Peduli Lingkungan Hidup di Samosir

Pangururan (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, melaksanakan sosialisasi pelatihan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan melalui program Adiwiyata guna mendukung pembangunan berkelanjutan, kata Staf Ahli Bupati Samosir Bidang Pemerintahan, Melani Butarbutar.

“Badan Lingkungan Hidup Penelitian dan Pengembangan (BLHPP) menyelenggarakan kegiatan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah serta Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” katanya di Pangururan, Sabtu.

Selain itu, kata dia, juga dilatarbelakangi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata dan Keputusan bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 03/MENLH/02/2010 dan Nomor 01/II/KB/2010 tentang Lingkungan Hidup.

Sebab, lanjutnya, pembangunan berkelanjutan telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama masyarakat dunia guna menyelamatkan bumi dari kerusakan dan kehancuran akibat pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. 

Menurut dia, kebijakan pendidikan lingkungan hidup telah disepakati empat instansi/kementerian, yakni Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri sebagai dasar arahan bagi para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup di Indonesia.

Hal dimaksud, kata Melani, juga sebagai salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manusia tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan melalui dunia pendidikan.

Dia mengatakan, pelestarian lingkungan harus digalakkan guna mendukung visi Kabupaten Samosir menjadi tujuan wisata lingkungan yang inovatif dan pendidikan tentang lingkungan jangan terintegrasi hanya pada mata pelajaran sekolah, namun dapat menjadi muatan lokal yang mempunyai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

“Dengan terselenggaranya Adiwiyata dimaksud, diharapkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan dapat ditingkatkan,” katanya menambahkan. (T.ANT-219/S023)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/330661/sekolah-peduli-lingkungan-hidup-di-samosir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s