Sumsel Terima Penghargaan “Budhipura” Kelembagaan IPTEK

Jakarta (ANTARA News) –  Provinsi Sumatera Selatan menerima penghargaan “Budhipura” Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) untuk katagori Kelembagaan Iptek dari Kementerian Riset dan Teknologi yang  diserahkan langsung oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Bandung, Kamis.

Dalam keterangan tertulisnya, Menristek mengatakan, penghargaan tersebut layak diterima Sumsel, karena dinilai berhasil membawa Sumsel memanfaatkan, mengembangkan teknologi serta mengaplikasikannya di tengah perkembangan teknologi dunia semakin canggih.

Dia menilai Sumsel konsisten melaksanakan kerjasama dengan pebisnis dan para akedemi  (kampus), bahkan yang lebih penting lagi, Gubernur Sumsel mampu mengangkat peneliti di Sumsel untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

“Sumsel pantas meneriman apresasi dari Kementrian Riset dan Teknologi untuk Katagori Kelembagaan, karena pengembangan dan pemanfaatan teknologi di Sumsel kian berkembang dan semakin bagus,” katanya saat memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam acara puncak Peringatan Teknologi Nasional ke -17 dengan tema “Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa” di Gedung Merdeka Bandung.

Tim pernilaian pusat, lanjutnya, menilai Gubernur Sumsel juga berhasil membuat Iptek menjadi melembaga di Sumsel.

Kepala Badan Penelitiaan dan Pengembangan Inovasi Daerah Provinsi Sumsel, Ekowati Rennaningsih menambahkan penghargaan di bidang Iptek ini merupakan penghargaan yang ke-2 diterima Sumsel, sebelumnya Sumsel  juga telah menerima penghargaan Prayoga sebagai bahan penelitian  pengembangan terbaik di Indonesia.

Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengaku bangga atas penghargaan untuk Sumsel tersebut sehingga dengan penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi peneliti di Sumsel untuk terus melakukan inovasi terhadap terknologi.

Gubernur menambahkan keseriusannya dalam mengembangkan serta mengaplikasikan hasil  dari penelitian membuahkan hasil yang positif bagi Sumsel. “Inovasi dari penelitian itu dihasilkan sendiri melalui  badan yang independen, yakni Badan Penelitian dan Pengembangan  Inovasi Daerah Provinsi Sumsel,” katanya.

Dalam acara tersebut Menriset juga  menyerahkan penghargaan 14 tropi Anugerah Iptek 2012, ada lima kategori untuk penghargaan Anugerah Iptek ini, yaitu kategori Pemerintah Provinsi (Budhipura), kategori Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Labdha Kretya), kategori Pranata Litbang (Prayogasala), kategori Duta Iptek (Widyasilpawijana) dam kategori Peneliti Wanita.

Untuk kategori Pemerintah Provinsi yang mendapatkan anugerah penghargaan Iptek 2012 yaitu Pemprov Kalimantan Timur dengan bidang Sumberdaya Iptek yang diterima oleh Gubernur Awang Faroek Iskak, Pemprov Sumatera Selatan dengan bidang Kelembagaan Iptek yang diterima oleh Gubernur Sumsel Alex Nurdin dan Pemprov Sulawesi Selatan dari bidang Jaringan Iptek yang diterima oleh Wagub Sulsel Agus Arifin.

Pada kategori Kreativitas dan Inovasi Masyarakat yang menerima penghargaan yaitu Tunggul Dian Santoso: Alat Elektronik Pengusir Hama Padi, Ahmad Syaikhu: Teknologi membuat pupuk dan pestisida hayati dan I Nyoman Damai: Pemanfaatan dan pelestarian tanaman obat.

Kategori Pranata Litbang, diberikan pada Pusat Penelitian dan Pengambangan Ketenagalistrikan PT PLN, Pusat Penelitian Pengembangan Kopi dan Kakao, serta Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jateng.

Sebagai Duta Iptek, yang menerima penghargaan yaitu Eniya Listiani Dewi dengan bidang Teknologi pemanfaatan hidrogen sebagai sumber energi. Sementara untuk Wanita Peneliti diberikan pada Ines Atmosukarto, Fenny M Dwivany, Made Tri Penia Kresnowati dan Sidrotun Naim.

Acara itu dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, seperti Menteri Pendidikan M Nuh, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amelia Sari Gumelar, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Syarief Hasan, Kapolri Jenderal Timur Pol Pradopo dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.(*) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/330370/sumsel-terima-penghargaan-budhipura-kelembagaan-iptek
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s