Pemkab Dompu Akan Bangun RPH Modern

Mataram (ANTARA News) – Pemerinah Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat akan membangun Rumah Potong Hewan (RPH) modern yang menghasilkan produk daging sapi yang higienis dan memenuhi standar nasional dengan dana sebesar Rp2 miliar yang bersumber dari Kementerian Pertanian.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu Hambali A Gani  mengatakan, Dompu merupakan salah satu kabupaten penghasil ternak di Indonesia terutama wilayah timur.

“Namun produk daging yang dihasilkan saat ini belum memenuhi standar nasional. Karena itu pada 2013 pemerintah pusat akan membangun RPH bertaraf nasional yang menjamin kualitasnya sesuai pola Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” ujarnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Dompu yang memiliki ternak dengan populasi tinggi, hingga kini belum bisa menyediakan produk daging yang higienis sesuai standar mutu yang teah ditetapkan. 

Menurut data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu pada sesus ternak 2011, tercatat sebanyak 72.000 ekor sapi dan 17.000. Dua RPH yang ada, yakni di Kecamatan Woja dan Manggelewa serta satu Tempat Pemotongan Hewan (TPH) di Kecamatan Pekat, masih menggunakan pola konvensional.

“Melihat kondisi seperti ini, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderla (Ditjen) Peternakan Kementrian Pertanian, akan membangun RPH modern di Kabupaten Dompu. Dana sebesar Rp2 miliar telah siap dikucurkan, dan akan dimulai pengerjaan pada 2013,” katanya.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dompu selaku pemakai manfaat dari keberadaan RPH itu diwajibkan menyiapkan lahan untuk pembangunan RPH dari dana APBD.

RPH modern tersebut, lanjutnya, akan dilengkapi dengan perlengkapan modern lainnya. Fasilitas yang belum dimiliki RPH konvensional saat ini adalah belum tersedianya bank daging. 

“Dari dana Rp2 miliar tersebut, sebanyak Rp1,5 miliar akan digunakan untuk membangun RPH dan Rp500 juta untuk peralatannya,” kata Hambali. (ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/334634/pemkab-dompu-akan-bangun-rph-modern

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s