Makin Banyak Turis Eropa ke Bali

Denpasar (ANTARA News) – Pemerintah Indonesia lebih gencar melakukan promosi pariwisata ke negara-negara di kawasan Eropa, sehingga mampu memberikan dampak terhadap semakin ramainya turis negeri itu berlibur ke Pulau Dewata.

Pengamat pariwisata yang juga pemandu wisata Bali, Wayan Sudana SE, di Denpasar Selasa, menjelaskan bahwa pelancong asal negara di kawasan Eropa umumnya menyenangi tata cara kehidupan masyarakat Bali, menjadi salah satu daya tarik bertambah banyak turis datang ke Bali.

Meskipun masyarakat Eropa masih mengalami krisis ekonomi global, namun turis negeri itu tetap bersikeras bisa berliburan sambil menyaksikan aneka ragam seni budaya Bali yang tidak ada duanya di dunia.

Wayan Sudana menyebutkan, wisatawan asal Eropa yang datang berlibur ke Bali sebanyak 348.766 orang atau memiliki peranan 21,42 persen dari seluruh kedatangan masyarakat internasional ke daerah ini selama Januari-Juli 2012.

Sesuai laporan Dinas Pariwisata Bali, kedatangan turis asing asal Eropa bertambah banyak setiap bulannya seperti halnya selama Mei 2012 hanya 26.332 orang, bertambah menjadi 47.001 pada Juni dan pada Juli naik lagi menjadi 51.353 orang. 

Dua negara di Eropa yakni Inggris dan Prancis tetap tercatat sebagai sepuluh negara terbanyak memasok turis asing ke Bali, bersama Australia, China, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Amerika Serikat.

Prancis memasok turis ke Bali sebanyak 54.987 orang selama Januari-Juli 2012, Inggris bertambah 7,32 persen dari sebanyak 60.843 orang tujuh bulan I-2011 menjadi 65.296 orang periode sama 2012.

Ia menyebutkan, walau negeri di kawasan itu dikabarkan terkena resesi ekonomi, turis Eropa lama bisa tinggal di Bali karena memiliki kegemaran menyaksikan tata cara hidup dan adat istiadat masyarakat setempat.

Masyarakat Eropa paling senang menyaksikan kegiatan upacara Ngaben yakni pembakaran mayat di Bali yang kegiatan itu dilakukan secara tidak terjadualkan di daerah perkampungan yang tersebar di Pulau Dewata.

Begitu pula Upacara Dewa Yadnya di Pura, tempat suci umat Hindu di Bali, dengan hiasan yang artistik juga menjadi idaman setiap turis asing saat berlibur di pulau ini, karena semua aktivitas itu tidak pernah dijumpai di negerinya.

Masyarakat Bali yang sebagian besar beragama Hindu, upacara ritual hampir setiap hari ada di daerah ini, kondisi inilah menyebabkan turis Eropa termasuk pelancong negara lainnya lebih dari sekali berkunjung ke Bali. (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/335027/makin-banyak-turis-eropa-ke-bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s