Manado Berencana Bangun Museum Bahari

Manado (ANTARA News) – Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan bahwa Manado akan segera membangun sebuah museum bahari untuk meningkatkan kecintaan rakyat kepada kelautan, pendidikan, dan pengembangan kepariwisataan.

“Ide membangun museum bahari tersebut sangat tepat karena kita belum punya tempat seperti itu, padahal yang dijual ke mana-mana adalah wisata yang berhubungan dengan kebaharian,” kata Lumentut di Manado, Selasa.

Ia mengatakan bahwa Manado punya taman laut Bunaken yang indah dan berbagai tempat di sekitarnya yang menjadi aset wisata untuk mendukung program Pemkot Manado.

“Apalagi di perairan Teluk Manado ditemukan ikan raja laut yang diperkirakan sudah punah dan ternyata masih ada, tentu akan sangat tepat jika disimpan di museum bahari, agar bisa dilihat bukan hanya sekarang tetapi generasi mendatang,” kata Lumentut.

Jadi, menurutnya, kehadiran museum bahari akan sangat menunjang program Pemkot Manado yang mengandalkan wista bahari sebagai “jualan” ke tingkat nasional hingga mancanegara.

Ia menjelaskan, di berbagai tempat dimana ada turis datang, selalu memerlukan berbagai informasi mengenai sejarah wisata andalan tempat tersebut, dan museum bahari akan sangat diperlukan Manado, yang mengandalkan Bunaken dan taman lautnya.

Lumentut menyebutkan, nantinya pemerintah akan berupaya menyediakan lokasi di kawasan seluas 16 ha untuk dijadikan sebagai museum bahari, karena itu merupakan lahan milik Pemkot Manado

Ia berharap kehadiran museum bahari juga bukan hanya menguntungkan wisatawan, tetapi seluruh warga kota, karena bisa menjadi sarana belajar warga Manado, terutama para siswa dan mahasiswa yang mau mengetahui lebih jelas dengan kebaharian. (KR-JHB)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/335036/manado-berencana-bangun-museum-bahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s