Gunung Kidul Promosikan Pariwisata ke China

Gunung Kidul (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mempromosikan potensi industri kerajinan dan pariwisata dalam acara China Asean Expo di Kota Nanjing, China.

“Kami pemerintah Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta ditunjuk pemerintah provinsi DIY untuk mengikuti promosi di China. Kabupaten Gunung Kidul akan mempromosikan potensi yang ada, khususnya pariwisata,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Pertambangan, Siwi Iriyanti di Gunung Kidul.

Ia mengatakan, selain melakukan promosi, dirinya dan Bupati Gunung Kidul, Badingah, akan mempelajari manajemen pariwisata China untuk diterapkan di Gunung Kidul, dalam rangka percepatan pertumbuhan sektor pariwisata.

Terkait kerajinan Gunung Kidul yang dipromosikan di China, kata dia, meliputi kerajinan kayu, bambu dan lampu hias. Harapannya, dengan diikutsertakannya kerajinan Gunung Kidul, mampu mengukur tingkat kemampuan produk Gunung Kidul bersaing dengan produk luar negeri khususnya China.

“Ini menjadi tolok ukur kedepannya, supaya perajin atau pelaku industri kerajinan di Gunung membenahi hasil produksinya dan meningkatkan kualitas produksi,” kata dia.

Menurut dia, saat ini kualitas produksi kerajinan di Gunung Kidul cukup diminati pasar nasional dan internasional. Meski demikian, untuk meningkatkan kualitas dan jumlah permintaan, perlu adanya perbandingan dengan perajin tingkat internasional.

“Selama ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih mampu bersaing. Tapi, perajin harus meningkatkan kualitas kerajinan mereka supaya lebih mampu diterima konsumen internasional dan menyiapkan diri menghadapi pasar bebas,” kata Siwi.

Ia menyebutkan potensi industri kerajinan di Gunung Kidul meliputi kerajinan akar wangi, tegel batu putih, kerajinan lampu antik dan berbagai keranjinan dari bambu. (ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/334040/gunung-kidul-promosikan-pariwisata-ke-china

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s