Kotabaru Miliki Objek Wisata Baru Tanjung Pangga

Kotabaru (ANTARA News) – Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memiliki objek wisata baru yakni Pantai Tanjung Pangga yang terkenal dengan pasir putihnya dan batu karang.

Salah seorang pengunjung Pantai Tanjung Pangga Eri Satmiaji, Senin, mengatakan, keindahan pantai Tanjung Pangga tidak kalah dengan daerah-daerah lain yang yang ada di Kotabaru, bahkan di kabupaten lain.

Selain liburan sekolah, hari Raya, dan hari-hari libur biasa, akhir-akhir ini sebagian masyarakat Kotabaru juga banyak berkunjung untuk berwisata maupun hanya sekedar jalan-jalan saja, ujarnya.

Kedatangan masyarakat bukan hanya untuk menikmati keindahan pantai dan karang di Tanjung Dewa, namun masyarakat juga bisa mencari kerang atau sejenisnya untuk lauk-pauk.

“Apalagi kalau air sedang surut, banyak masyarakat mencari kerang atau hewan laut lainnya di pinggir pantai, yang sebagian dapat dimanfaatkan untuk lauk,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, sebagian pengunjung juga menyempatkan untuk berfoto bersama keluarga, dengan keindahan pantai dan pemandanangan disana.

Tidak sedikit para anak muda yang melakukan balapan motor dipinggir pantai sambil menunggu air pasang tiba.

“Karena kalo air pasang, kami tidak bisa balapan motor disebabkan air naik dan menutupi pantai ini,” ungkap salah satu pengunjung dari desa Bumi Asih Sadir.

Namun, katanya, kalau air pasang tiba dirinya mengaku akan memanfaatkan untuk memancing ikan bersama teman-teman yang lain.

Menurutnya, pantai yang tidak jauh dari desa Bumi Asih kurang lebih 2 kilometer ini sebetulnya bagus dan indah apabila dijaga dan dirawat.

“Karena tidak ada petugas penjaga pantai yang dapat merawat dan memelihara, banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik botol-botol minuman maupun bungkus bekas makanan ringan,” ungkapnya.

Sehingga kalau air surut tiba, terlihat sampah-sampah maupun kayau-kayu kering terlihat disana, yang mengakibatkan pantai menjadi kotor dan dapat merusak pemandangan.

Dirinya berharap kepada pemerintah daerah Kotabaru agar dapat memperhatikan Pantai Tanjung Pangga tersebut yang merupakan aset daerah sebagai obyek wisata, di Kecamatan Kelumpang Selatan.

Selain itu, imbuhnya, akses jalan menuju ke pantai tersebut agar dilakukan pelebaran, untuk mempermudah para pengunjung.

Karena tidak sedikit pengunjung yang datang dari luar Kecamatan Kelumpang Selatan, seperti dari Kecamatan Kelumpang Hulu, Kelumpang Hilir, bahkan sebagian datang dari Kabupaten Tanah Bumbu, Batulicin.

Ini menunjukkan bahwa pantai terseut tidak kalah indahnya dengan daerah maupun kabupaten lain yang ada di Kalimantan Selatan, pungkasnya.

Sementara itu, objek wisata lainnya di Kabupaten Kotabaru, diantaranya, Pantai Gedambaan dan pemandian air panas, dan Makam Kerajaan Sigam di Pulau Laut Utara, serta air terjun Tumpang Dua di Sebelimbingan. (I022/M008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/333517/kotabaru-miliki-objek-wisata-baru-tanjung-pangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s